Sukses

Lifestyle

Aturan dan Makna Hari Raya Nyepi yang Harus Kamu Tahu

Fimela.com, Jakarta Selamat Hari Raya Nyepi 2018. Nyepi, salah satu hari raya umat Hindu yang jatuh pada 17 Maret 2018 ini tak dirayakan dengan kemeriahan dan suka cita. Untuk merayakannya, umat Hindu lebih memilih dengan berdiam diri, merenung dan tak melakukan kegiatan apapun.

Ya, semua kegiatan seperti bekerja termasuk aktivitas pelayanan umum di Bandara dan rumah sakit ditiadakan. Sedankan tujuan perayaan Nyepi ini adalah memohon ke hadapan Tuhan Yang Maha Esa, untuk menyucikan Bhuana Alit (alam manusia/microcosmos) dan Bhuana Agung/macrocosmos (alam semesta).

Dalam perayaannya, Nyepi pun memiliki beberapa rangkaian upacara yang dilakukan umat Hindu sebelum tiba Hari Raya Nyepi. Terkait pelaksanaanya ada beberapa aturan bernama Catur Brata Penyepian yang harus ditaati.

Pertama adalah Amati Geni, yaitu tidak menyalakan api atau menunjukkan sifat-sifat amarah yang disimbolkan dengan tidak menyalakan lampu selama Nyepi. Selanjutnya adalah Amati Lelanguan, di mana tak boleh melakukan kegiatan foya-foya atau bersenang-senang.

Terakhir adalah Amati Karya, di mana seorang Hindu tak boleh melakukan pekerjaan di perayaan tersebut. Dari tiga aturan di atas, Hari Raya Nyepi selain untuk menyucikan alam, perayaan ini memang diperuntukkan untuk menyucikan diri seseorang dengan merenung dan berdoa.

Makna Hari Raya Nyepi

Hari Raya Nyepi sendiri dirayakan sejak kemenangan suku Saka yang dipimpin Raja Kaniskha I yang dinobatkan menjadi Raja dan turunan Saka tanggal 1 (satu hari sesudah tilem) bulan 1 (caitramasa) tahun 01 Saka, pada bulan Maret tahun 78 masehi.

Sejak saat itu masyarakat Hindu memperingati Tahun Baru Saka lewat Nyepi yag dimaknai sebagai hari kebangkitan, oleransi, pembaharuan, kebersamaan, kerukunan sekaligus kerukunan nasional.

Hari Raya Nyepi 2018 di Bali

Terkait Hari Raya Nyepi 2018, berbagai rangkaian upacara pun dilakukan oleh umat Hindu di Bali. Terkait perayaan Nyepi, kini tak hanya siaran televisi dan radio yang akan dihentikan sementara.

Tahun ini sambungan internet di Bali pun akan dimatikan seharian sesuai dengan permintaan Majelis Agama Provinsi Bali terkait perayaan Nyepi 2018.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading