Sukses

Lifestyle

Jangan Ragu Puasa Rajab, Ini Keistimewaan yang Akan Kamu Dapat

Fimela.com, Jakarta Tahun ini, tanggal 1 Rajab jatuh pada tanggal 19 Maret 2018. Seiring dengan datangnya salah satu bulan istimewa ini, meningkatkan amalan ibadah seperti puasa Rajab pun sangat dianjurkan. Bicara soal puasa Rajab, sudah tahu apa saja keistimewaannya?

Mengutip laman nu.or.id, ada begitu banyak keistimewaan dari puasa Rajab, seperti yang teruang dalam hadis yang diriwayatnya al-Thabrani dari Sa'id bin Rasyid:

“Barangsiapa berpuasa sehari di bulan Rajab, maka ia laksana berpuasa setahun, bila puasa 7 hari maka ditutuplah untuknya pintu-pintu neraka jahanam, bila puasa 8 hari dibukakan untuknya 8 pintu surga, bila puasa 10 hari, Allah akan mengabulkan semua permintaannya."

Ya, ditutupnya pintu neraka jahanam, dan dikabilkan semua permintaan oleh Allah adalah balasan untuk orang-orang yang menjalankan puasa Rajab. Tak hanya itu, Allah juga menyiapkan balasan lain untuk orang yang menjalani puasa rajab seperti tertuang dalam Sabda Rausullah SAW:

“Pada malam mi’raj, saya melihat sebuah sungai yang airnya lebih manis dari madu, lebih sejuk dari air batu dan lebih harum dari minyak wangi, lalu saya bertanya pada Jibril a.s.: “Wahai Jibril untuk siapakan sungai ini ?”Maka berkata Jibrilb a.s.: “Ya Muhammad sungai ini adalah untuk orang yang membaca salawat untuk engkau di bulan Rajab ini".

Jadi jangan ragu ya untuk menjalani puasa Rajab, berikut ini adalah niat puasa Rajab yang bisa kamu lafalkan.

Niat Puasa Rajab

Biar kamu nggak lupa, berikut ini adalah niat puasa Rajab yang bisa kamu lafalkan pada malam sebelum puasa.

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ رَجَبَ لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma ghadin ‘an adâ’i sunnati Rajaba lillâhi ta‘âlâ.

Artinya, “Aku berniat puasa sunah Rajab esok hari karena Allah SWT.”

Buat kamu yang baru tahu kalau hari ini adalah dimulainya puasa Rajab jangan sedih karena nggak bisa ikutan. Perlu kamu tahu, kamu bisa ikut melaksanakan puasa Rajab meski sudah tengah hari, dengan syarat kamu belum melakukan hal yang membatalkan puasa seperti makan dan minum.

Ya, jadi kalau kamu belum makan dan minum masih bisa ikut berpuasa Rajab hari ini ya. Berikut niat puasa Rajab yang bisa kamu lafalkan.

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ رَجَبَ لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma ghadin ‘an adâ’i sunnati Rajaba lillâhi ta‘âlâ.

Artinya, “Aku berniat puasa sunah Rajab esok hari karena Allah SWT.”

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading