Ajaib, Susu Binatang Ini Mampu Atasi Resistensi Antibiotik

Karla Farhana20 Mar 2018, 01:12 WIB
Kefir

Fimela.com, Jakarta Tak ada yang berpikir sebelumnya mengenai susu yang dihasilkan binatang bermoncong mirip bibik ini. Memiliki tubuh seperti tikus, platipus ternyata menghasilkan susu yang berkhasiat untuk manusia. 

Dalam sebuah makalah yang diterbitkan dalam Structural Biology Communications, para peneliti Australia mengungkap kandungan antibiotik luar biasa dalam susu platipus. Temuan ini diharapkan bisa menjadi jalan keluar bagi masalah bakteri berbahaya yang resisten terhadap antibiotik.

"Platipus masuk dalam keluarga monotrem, kelompok kecil mamalia yang bertelur dan menyusui anaknya," jelas penulis utama studi, Janet Newman.

"Kami meneliti lebih jauh kandungan susu yang dihasilkan platipus. Hasilnya, kami menemukan protein baru yang memiliki senyawa antibakteri, berpotensi menyelamatkan hidup banyak orang," kata Newman seperti melansir laman New York Post, Senin (19/3/2018),

 Kandungan unik yang dimaksud para peneliti terkait bentuk struktur protein dalam susu platipus. Platipus mengembangkan protein susu berbentuk spiral nan unik. Ketika para peneliti menghasilkan ulang protein tersebut di laboratorium, saat itulah mereka menyadari kelebihannya.

Struktur protein di susu platipus

Platipus (iStockphoto)
Dalam sebuah makalah yang diterbitkan dalam Structural Biology Communications, para peneliti Australia mengungkap kandungan antibiotik luar biasa dalam susu platipus. (iStockphoto)

Struktur baru protein itu yang diduga mampu mengatasi bakteri berbahaya. Para peneliti berharap, temuan itu bisa mengarah pada penciptaan antibiotik jenis baru.

"Meski kami telah mengidentifikasi protein tak biasa ini hanya ada pada makhluk monotrem, penemuan ini telah meningkatkan pengetahuan mengenai struktur protein secara umum," ujar Newman.

 

Penulis: Dyah Puspita Wisnuwardani

Sumber: Liputan6.com

Lanjutkan Membaca ↓