Sukses

Lifestyle

Tak Sampai 1 Meter, Ini Gunung Terkecil di Dunia

Fimela.com, Jakarta Ada begitu banyak gunung di dunia, di mana masing-masing memiliki keindahan dan daya tariknya sendiri. Bagi pra pendaki, menapaki gunung tentu menjadi hal menyenangkan karena bisa melihat pemandangan indah yang menyejukkan mata, dan selalu membuat rindu saat meninggalkannya.

Tapi bagaimana kalau ada gunung dengan tinggi kurang dari 1 meter? Iya, kamu juga pasti nggak akan setuju dan bahkan malah tertawa saat melihat fotonya. Tapi nyatanya gunung terkecil ini memang ada dan bisa kamu temukan di China. Yap, lupakan jalur pendakian ekstrem atau pemandangan alam yang indah.

Berada di Shouguang, provinsi Shandong, China, gunung Jingshan pun jadi gunung terkecil yang ada di negara ini, bahkan dunia. Tingginya cuma 0,6 meter dan kamu cukup melompat ringan untuk mencapai puncak gunungnya. Tapi seperti dilansir dari odditycentral.com, gunung Jingshan menjadi salah satu simbol keyakinan dan jadi daya tarik tersendiri untuk turis lokal.

Pengakuan Jingshan sebagai gunung pun tak lepas dari sejarahnya yang ada lebih dari 100 tahun lalu silam. Selain lokasinya yang presisi, dimensi dan ukurannya yang bisa ditertawakan, nyatanya Jingshan sempat dipercaya sebagai ujung dari sebuah gunung yang terkubur di bawah tanah.

Pada masa lalu, orang-orang mencoba menggali untuk mengetahui ketinggian dari gunung Jingshan. Menurut Zheng Binhai, kurator pertama dari Shouguang Bo Museum, selama masa pemerintahan Mao Zedong, ada sejumlah orang yang diperintahkan untuk menggali tanah di sekitar Jingshan untuk membuktikan kalau itu bukanlah gunung. Setelah menggali beberapa meter dan tak bisa menemukan dasar dari gunung tersebut, mereka lalu menyerah.

Kemudian pada tahun 1958, seseorang mencoba kembali untuk menggali tanah di sekitar Jingshan dan lagi-lagi gagal untuk menemukan dasar dari gunung Jingshan. Akhirnya sejak saat itu, batu besar tersebut diakui sebagai sebuah gunung yang dikenal dengan nama Jingshan.

Seiring berjalannya waktu, gunung Jingshan pun menarik para turis, pihak yang berkuasa pun mengeluarkan peraturan untuk tidak menggali tanah di sekitar gunung kecil tersebut, membangun bangunan atau bahkan merusaknya. Foto gunung Jingshan juga jadi viral di Cina dan tak sedikit orang yang menantang temannya untuk mendaki gunung itu, kamu berminat?

 

Penulis: Natanael Sepaya

Sumber: Kapanlagi.com

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading