Sukses

Lifestyle

Termasuk Penyakit Seks Menular, Cegah Kanker Serviks dengan Cara Ini

Fimela.com, Jakarta Kanker serviks merupakan salah satu jenis kanker mematikan. Makanya, di dunia kaum Hawa, kanker ini menjadi salah satu jenis kanker yang paling dikhawatirkan, setelah kanker payudara. 

Belum banyak perempuan yang tahu kalau kanker serviks ini termasuk dalam penyakit menular seksual. Pasalnya, virus HPV yang jadi penyebabnya bisa berpindah atau menular melalui hubungan seksual. 

Tapi ternyata, dilansir dari Hello Sehat, virus ini juga bisa menular cuma dengan kontak kulit saja, lho! Nah, melalui kontak kulit inilah yang sangat riskan. 

Makanya, kamu harus mencari tahu gimana cara mencegahnya. Hello Sehat juga menulis, ada beberapa cara untuk mencegah kanker seviks. 

Jangan Panik

Jangan panik dulu. Soalnya, sebelum menjadi kanker, penyakit ini akan melewati berbagai tahapan. Namanya pre kanker. Pada masa ini, jaringan di leher rahim sudah mengalami pertumbuhan abnormal. Tapi belum kanker. Nah, pada masa ini, kamu masih bisa disembuhkan. Tahapan ini membutuhkan waktu 10 tahun untuk berkembang menjadi sel kanker serviks yang mematikan. 

 

 

Pap Smear Bukan Pencegahan

Pap smear sebenarnya bukan pencegahan. Ini cuma sekadar tes, untuk mengetahui apakah ada jaringan yang tumbuh secara nggak normal. Nah, kalau terdeteksi ada, kamu harus melakukan tes lagi, untuk mengetahui apakah itu sel kanker. 

Ada juga yang namanya tes HPV DNA. Tes ini melihat apakah ada virus HPV pada sel-sel mulut rahim. Tapi, lagi-lagi tes ini bukan pencegahan. 

Nah, untuk pencegahannya, kamu bisa melakukan vaksin HPV. vaksin ini aman diberikan untuk anak-anak yang organ reproduksinya sudah aktif. Jadi, pencegahan ini sudah bisa dilakukan pada usia 9-45 tahun untuk perempuan dan 9-26 tahun untuk cowok. 

 

Terus, gimana cara mencegah pre kanker? Hello Sehat menulis, kamu harus menghindari kontak seksual tanpa pengaman, dan menjaga kebersihan vagina, termasuk makan makanan sehat dan berhenti merokok. 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading