Sukses

Lifestyle

5 Benda di Rumah yang Bisa Sebabkan Kanker

Fimela.com, Jakarta Seakan tak ada manusia yang benar-benar bisa lepas dari ketakutan akan kanker, sumber penyakit mengerikan ini ternyata ada di mana-mana. Selain polusi, sinar matahari, makanan, dan pola hidup, ternyata benda-benda di rumahm sendiri juga bisa jadi penyebab timbulnya kanker

Dilansir dari Reader Digest, Senin (26/3/2018), menurut pakar toksikologi, ada beberapa benda di sekitar rumah yang sebaiknya Anda waspadai. Melanjutkan dari artikel sebelumnya, berikut ulasan dari benda-benda tersebut.

1. Kulkas lama

Menyimpan kulkas lama di dalam rumah ternyata dapat membuat Anda berpotensi terkena kanker. Hal ini karena kulkas lama menyimpan cairan pendingin yang bersifat karsinogen.

Menurut Gushee, cairan pendingin bernama PCBs (Polychlorinated biphenyls) tidak lagi diproduksi di Amerika Serikat, tetapi masih ada di negara berkembang. Selain itu, dari PCBs yang pernah diproduksi, 70 persennya masih beredar di lingkungan. Oleh sebab itu, singkirkan peralatan tua tersebut dari rumah Anda.

2. Produk pembersih

Beberapa produk pembersih seperti cairan pencuci piring, pelembut kain, dan pembersih karpet ternyata menjadi barang yang dapat membuat Anda berpotensi mengidap kanker. Hal ini karena kandungan senyawa formaldehida pada produk pembersih tersebut bersifat karsinogen.

Guna menghindari hal tersebut, sebaiknya Anda memilih dengan lebih cermat produk pembersih yang akan digunakan. Selain itu, cobalah untuk memberi ventilasi pada dapur Anda. Dengan begitu, Anda dapat mengurangi potensi terkena kanker.

3. Lemari

Ketika menyimpan pakaian kering di dalam lemari, Anda sering menggunakan bahan kimia bernama Perchloroethylene yang dapat menjaganya agar tetap bersih. Namun demikian, bahan kimia tersebut ternyata mengandung karsinogen, sehingga dapat membuat Anda berpotensi terkena kanker.

Selain itu, bahan kimia tersebut juga dapat Anda jumpai pada penghilang noda, semir sepatu, dan pembersih kayu. Oleh sebab itu, guna mengatasi hal tersebut, selalu gunakan sarung tangan ketika menyemir sepatu dan membersihkan kayu. Jika Anda mencuci kering pakaian, hindari penggunaan bahan kimia penyebab kanker tersebut.

4. Peralatan mengandung Styrofoam

Beberapa peralatan dapur Anda bisa jadi terbuat dari styrofoam. Bahan-bahan ini rupanya menjadi salah satu penyebab kanker pada Anda. Hal ini karena kandungan styrene pada bahan mengandung styrofoam yang bersifat karsinogen. Jika terkena panas, bahan kimia tersebut dapat melebur pada makanan dan minuman yang dikonsumsi.

Oleh sebab itu, sebaiknya hindari penggunaan barang atau peralatan mengandung styrofoam, terutama dalam menyimpan makanan dan minuman panas.

5. Pembasmi serangga

Semprotan pembasmi serangga merupakan salah satu penyebab kanker. Hal ini karena bahan kimia yang terdapat pada pestisida dapat meningkatkan risiko kanker. Oleh sebab itu, Anda dapat menggunakan alternatif pestisida yang terbuat dari bahan alami.

 

Penulis: Aretyo Jevon Perdana

Sumber: Liputan6.com

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading