Sukses

Lifestyle

Rabbit Town Diduga Plagiat, Ini Buktinya

Fimela.com, Jakarta Rabbit Town, tempat wisata populer di Bandung ini tengah menjadi sorotan karena diduga melakukan plagiasi terhadap karya-karya seniman dunia, seperti karya seniman Yayoi Kusama, Chris Burden di LA County Museum of Art dan karya seniman di Museum OF Ice Cream, Amerika Serikat.

Kasus plagiasi tersebut pun ramai, saat anak dari Mario Teguh, Ario Kiswinar ini mengungkap lewat media sosialnya. Lewat unggahan Instastory-nya, Kiswinar membeberkan karya mana saja yang dijiplak oleh Rabbit Town.

Lewat unggahan tersebut, Kiswinar pun menyampaikan alasan dirinya begitu keras mengungkap kasus plagiasi di tempat wisata Rabbit Town. "Sorry, saya triggered kalau sudah bicara isu plagiasi. Apalagi yang tertang-terangan macam kalian ini. Kalian itu dangkal intelektualitas dan mengejar keuntungan semata," tulis Kiswinar untuk pihak Rabbit Town.

Lebih lanjut disebutkan jika karya plagiasi tersebut tak mencantumkan kredit dari seniman asli yang membuat. "Jangan berlindung di balik alasan 'terinspirasi', tidak ada credit satupun yang ditujukan ke seniman aslinya," lanjutnya.

Kiswinar yang juga menandai dua museum tempat karya asli itu di pajang pun mendapat tanggapan dari Museum Of Ice Cream, bahwa mereka akan mengusut kasus plagiasi yang dilakukan Rabbit Town tersebut dengan mengirimkan pengacara untuk menyelesaikannya.

Tanggapan Rabbit Town

Rabbit Town, tempat wisata yang menggunakan tagline "The Way To More Happiness" ini belum memberikan pernyataan terkait kasus dugaan pagiasi tersebut. Namun lewat media sosial, pihak Rabbit Town mengucapkan terima kasih atas kritik dan saran yang ditujukan kepada mereka.

"Terima kasih banyak atas semua kritik dan saran yang telah diberikan.Kami akan terus melakukan perbaikan dan pembenahan untuk ke depannya🙏🙏," tulis Rabbit Town.

Ucapan itu pun menguncang komentar warganet, ada yang mendukung namun tak sedikit yang merasa kecewa dengan kasus dugaan plagiasi yang dilakukan Rabbit Town. "Tempatnya emang bagus tapi kalo plagiat ya percuma, yang ada bikin malu Bandung sama Indonesia aja," tulis akum @iceytasyi.

Bukti Plagiasi

Dugaan plagiasi yang dilakukan oleh Rabbit Town memang tengah menjadi buah bibir. Sudut Foto yang diduga menjiplak karya seniman di Museum Of Ice Cream, Amerika Serikat pun telah dihapus dari laman media sosial Rabbit Town.

Berikut ini, adalah beberapa sudut foto di Rabbit Town yang disebut menjiplak karya seniman dunia.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading