Sukses

Lifestyle

Waspada, Makanan Ini Mengandung Senyawa yang Ada di MSG

Fimela.com, Jakarta Setiap orang pasti tahu yang namanya MSG (monosodium glutamat). Zat ini merupakan senyawa yang bakal bikin makanan gurih. Namun, MSG ini nggak sehat. Untuk mendapatkan cita rasa gurih ini, kamu sebenarnya bisa menggunakan bahan-bahan alami. 

Bukan bahan kimia seperti MSG, kaldu alami dan sayuran juga mengandung zat yang sama dengan MSG. Sehingga, kamu akan tetap mendapatkan cita rasa gurih yang sama. 

Pakar Teknologi Pangan dari Institut Pertanian Bogor (IPB), Prof Dr Purwiyatno Hariyadi, mengatakan, kaldu yang sering dibuat oleh orang Indonesia, sebenarnya menyerupai dengan yang di Tiongkok. Terbuat dari ayam, daging sapi, atau ikan.

Kaldu dari Indonesia memiliki rasa yang lebih kompleks karena mengandung asam amino. Asam amino ini lebih beragam dari tulang, daging, dan sayuran. 

"Kaldu dari negara kita dan Tiongkok mempunyai rasa yang lebih kompleks karena adanya asam amino yang lebih beragam dari tulang, daging, dan sayur-sayuran," kata Purwiyanto dalam sebuah diskusi yang diadakan PT Ajinomoto Indonesia di kawasan Sunter, Jakarta Utara pada Kamis, 29 Maret 2018.

Citarasa gurih yang dihasilkan MSG

Senyawa citarasa umami (gurih) seperti yang dihasilkan MSG pertama kali diidentifikasi oleh Kikunae Ikeda, seorang profesor sekaligus ilmuwan di Tokyo Imperial University, pada 1908.

Citarasa itu dia temukan dari konbu yang disantapnya. Konbu atau Laminaria japonica merupakan sejenis rumput laut yang mengandung suatu asam amino yaitu asam glutamat.

"Kalau sekarang, citarasa umami ini bisa kita temukan di udang, kecap, saus, dan terasi. Itu mengapa kalau kita makan saus tomat, saus sambal, rasanya nikmat banget. Karena tomat pun mengandung senyawa serupa," ujar dia.

 

 

Penulis: Aditya Eka Prawira

Sumber: Liputan6.com

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading