Sukses

Lifestyle

Bukan Cuma Awet Muda, Ini Manfaat Tertawa Buat Kesehatan

Fimela.com, Jakarta Dalam satu hari, kamu pasti akan meluapkan ekpresi kegembiraan. Baik dengan tersenyum, atau tertawa. Tertawa sebenarnya bukan cuma sekadar ekspresi kegembiraan. Karena, dengan tertawa kamu bisa menjadi lebih awet muda. Makanya, tertawa juga bisa menjadi obat awet muda bagi semua kalangan. Baik secara fisik atau pun secara mental. 

BACA JUGA

Dilansir dari Step to Health, Selasa (3/4/2018), tertawa rupanya dapat memberikan manfaat bagi kesehatan fisik dan mental. Berikut adalah lima manfaat dari tertawa yang mungkin tidak Anda sadari.

1. Memperkuat sistem imun

Suasana hati yang bahagia dapat membuat Anda menjadi lebih sehat. Tertawa dapat menurunkan hormon stres, meningkatkan sirkulasi darah dan konsumsi oksigen.

Dengan melepaskan energi negatif, tertawa dapat memperkuat sistem imun dalam tubuh. Tak hanya itu, tertawa dapat membuat tubuh melawan bakteri dan infeksi saluran pernapasan.

2. Mengoptimalkan fungsi organ

Tak hanya menjaga kesehatan mental, tertawa rupanya membuat sistem organ dalam tubuh bekerja dengan optimal, seperti jantung, otak, dan paru-paru. Tertawa menjadi salah satu penanganan terbaik pada mereka yang mengalami penyakit jantung.

Selain itu, tertawa dapat membuat tekanan darah Anda menjadi normal dan meningkatkan aktivitas aerobik.

3. Meningkatkan daya ingat

Tertawa diyakini dapat membuat kinerja otak menjadi lebih optimal. Hal ini karena tertawa dapat mengurangi hormon kortisol atau hormon penyebab stres pada tubuh. Hasilnya, daya ingat Anda pun akan menjadi lebih kuat.

Ketika tertawa, hormon endorfin dan dopamin pada tubuh pun meningkat sehingga otak Anda akan merasa lebih nyaman. Tak hanya itu, tertawa akan membuat tubuh Anda mengalami relaksasi seperti sedang melakukan meditasi.

4. Melepaskan ketegangan otot

Tertawa memiliki keterkaitan langsung dengan peregangan otot di tubuh Anda. Menariknya, efek relaksasi yang Anda rasakan bukan hanya pada otot wajah saja, melainkan seluruh tubuh.

Selain itu, tertawa dapat melepaskan hormon yang membuat Anda menjadi lebih senang. Oleh sebab itu, jika ingin menghilangkan ketegangan baik secara fisik dan mental, sebaiknya tertawalah.

5. Membuat Anda menjadi lebih positif

Banyak orang menghadapi depresi, kesedihan, dan kecemasan setiap harinya. Hal ini kerap membuat Anda merasa kesulitan dalam menghadapinya. Namun demikian, tertawa rupanya menjadi salah satu obat terbaik. Hal ini karena dengan tertawa, Anda akan lebih optimis dan percaya diri dalam menjalani hidup.

 

 

Penulis: Aretyo Jevon Perdana

Sumber: Liputan6.com

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading