Sukses

Lifestyle

Berubah Jadi Gelap, Normalkah Jika Warna Puting Berubah?

Fimela.com, Jakarta Perubahan pada tubuh seiring dengan pertumbuhan dan faktor lainnya memang wajar. Selama perubahan itu tak menunjukkan keabnormalan. Salah satu bagian tubuh yang sering berubah adalah warna puting payudara

BACA JUGA

Payudara seorang wanita akan berubah seiring waktu karena peristiwa alamia seperti pubertas dan kehamilan. Puting sendiri tidak berubah warna, tetapi daerah sekitarnya--disebut areola dapat berubah.

Meski perubahan warna di areola tergolong normal, namun ada kalanya perubahan ini perlu perhatian medis. Untuk itu, ketahui lebih dulu penyebab puting gelap, seperti dikutip Medical News Today, Rabu (4/4/2018):

1. Kontrasepsi oral

Kontrasepsi oral dapat menyebabkan perubahan hormonal, yang dapat membuat daerah di sekitar puting tampak lebih gelap.

Pil KB misalnya mengandung versi sintetis dari hormon estrogen dan progesteron. Minum pil ini dapat membantu mencegah kehamilan yang tidak diinginkan.

2. Pubertas

Tingkat estrogen seseorang meningkat saat pubertas ketika ovarium melepaskan hormon. Lonjakan estrogen ini menyebabkan payudara berkembang.

Puting dapat mengalami perubahan, termasuk penggelapan dan elevasi dari kulit di sekitarnya saat payudara tumbuh.

3. Kehamilan

Saat janin tumbuh di dalam rahim, payudara mulai mempersiapkan bayi yang akan segera lahir.

Tubuh memproduksi tambahan estrogen dan progesteron untuk membantu mempersiapkan produksi ASI untuk memberi makan bayi yang baru lahir. Payudara berubah ketika produksi hormon ini terjadi.

Selama kehamilan, wanita mungkin akan mengalami kesakitan pada payudara dan membengkak. Puting juga akan menjadi gelap. Tapi jangan khawatir sebab hal ini diyakini akan membantu bayi mengidentifikasi sumber makanan (ASI).

4. Menyusui

Para ilmuwan berpikir bahwa areola dapat menjadi gelap karena bayi baru lahir memiliki penglihatan yang sangat buruk, dan puting yang lebih gelap akan membantu bayi yang baru lahir menemukan sumber makanan mereka.

5. Rambut di sekitar puting

Tidak jarang seseorang memiliki bulu yang tumbuh di sekitar putingnya. Bulu inilah yang membuat puting mungkin lebih gelap.

6. Menstruasi

Menstruasi adalah bagian alami dari siklus reproduksi. Ovarium mempersiapkan diri melepaskan telur untuk pembuahan selama siklus ini.

Pada gilirannya, payudara mengalami perubahan karena perubahan kadar hormon dalam tubuh. Payudara bisa melunak atau membengkak ketika level hormon berubah. Demikian pula, seorang individu mungkin memperhatikan bahwa putingnya menjadi lebih gelap selama menstruasi.

7. Kanker

Selain penyebab di atas, puting menggelap juga bisa menjadi tanda kanker. Namun selain itu, biasanya perubahan warna puting dibarengi dengan gatal atau kesemutan di sekitar puting, bentuk puting kekuningan atau berdarah, kulit payudara mengelupas atau menebal.

Jika seseorang memiliki tanda-tanda kanker ini, mereka harus berkonsultasi dengan dokter sesegera mungkin.  

 

 

Penulis: Fitri Syarifah

Sumber: Liputan6.com

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading