Sukses

Lifestyle

Kata Perempuan: Ibu Rumah Tangga, Sekedar Tanggung Jawab atau Jadi Profesi Idaman?

Fimela.com, Jakarta Dewasa ini, perempuan yang telah menikah memiliki tanggung jawab yang begitu besar. Tak hanya untuk dirinya sendiri, tetapi juga harus bisa mengayomi keluarganya dengan segala kebutuhannya mengurus rumah tangga.

Terdengar tak mudah memang, namun buktinya ada banyak perempuan sukses yang bisa membuat hidupnya seimbang meski memiliki banyak kesibukan, mulai dari sebagai seorang pekerja juga sebagai istri dan ibu dari anak-anaknya.

Bicara soal peran seorang perempuan, meski memiliki karier cemerlang namun kodratnya untuk mengurus keluarga tak pernah bisa dipisahkan. Mirisnya pekerjaan sebagai ibu rumah tangga pun kerap direndahkan dan tak dianggap jasanya.

Di tengah anggapan tersebut, kira-kira bagaimana ya pandangan perempuan masa kini soal peran sebagai ibu rumah tangga? Terkait hal tersebut, Bintang.com telah mengumpulkan pendapat para perempuan dari berbagai usia, latar belakang, dan profesi.

Dari bahasan tersebut, nyatanya ada banyak perempuan pekerja yang menyadari kodratnya untuk menjalani profesi sebagai ibu rumah tangga, yang memiliki peran besar untuk mengurus keluarga dan bertanggung jawab atas kualitas diri anak-anaknya. 

Pandangan Perempuan Soal Profesi IRT

Bicara soal profesi sebagai Ibu Rumah Tangga (IRT), diakui para perempuan jika pekerjaan ini banyak diremehkan orang karena dianggap bisa membuat seseorang menjadi kuper, alias kurang pergaulan, di mana IRT sibuk mengurus anak-anak di rumah.

Selain itu, pekerjaan sebagai IRT juga kerap diremehkan karena dianggap tak menghasilkan uang, dan tak mandiri karena dinilai mengandalkan penghasilan sang suami. Padahal kenyataanya, tak sedikit IRT yang tetap mengaktualisasi diri dengan memperkaya pengetahuan lewat media internet, selain itu juga tak semua IRT benar-benar hanya mengandalkan penghasilan pasangannya.

Meski nilai dan pandangan di atas masih melekat di pikiran banyak orang, namun tak sedikit perempuan yang mengapresiasi profesi sebagai IRT. "IRT menurut saya mulia. Perannya sangat penting karena bisa lebih memastikan pendidikan/membantu membentuk karakter anak sedari kecil. Habit/karakter orang ketika sudah dewasa itu lebih susah untuk dirubah, maka dari itu penting peran ibu dalam membantu membentuk karakter anak sejak kecil," - Inas Ashilah.

"Perempuan yang memilih sebagai IRT perlu di apresiasi, karena ia rela menghabiskan waktunya untuk merawat keluarga kecilnya. Bukan berarti IRT tidak harus pintar, semua ibu wajib pintar agar dapat merawat anaknya dengan penuh edukasi, mengurus keuangan keluarga, menguatkan suami saat diperlukan," - Faizah Adisty.

Jalani profesi IRT sebagai bagian dari tanggung jawab

Selain dianggap menjadi profesi yang mulia, menjalani profesi sebagai IRT juga dianggap sebagai ibadah dan menjalani tanggung jawab. Di mana tak sedikit perempuan beitu khawatir jika anaknya kelak tak bisa tumbuh dengan baik dan terjerumus dalam hal-hal buruk.

Lebih lanjut, profesi sebagai IRT juga dianggap begitu penting, mengingat keluarga adalah sekolah pertama bagi anak-anak untuk mendidik dan membentuk karakter yang baik sebelum memasuki lingkungan di luar rumah yang lebih luas dan berisiko.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading