Sukses

Lifestyle

5 Cara Biar Rasa Cemburumu ke Pasangan Tidak Berlebihan

Fimela.com, Jakarta Banyak yang bilang cemburu ke pasangan itu bumbu cinta, katanya bikin 'sedap' hubungan. Kamu yang pernah merasakan risihnya cemburu dan dicemburui pasangan mungkin jadi skeptis soal dampak positif rasa cemburu itu bagi hubungan. Kamu juga mungkin bertanya-tanya, memang benar, cemburu buat hubungan lebih sehat?

Tak perlu lagi bertanya-tanya, cemburu terhadap pasangan itu memang membuat hubungan kalian lebih sehat. Tapi, tentu saja ada takaran yang harus dipenuhi. Cemburu dengan takaran tepat bisa membuat hubungan lebih sehat.

Beda halnya jika kamu senang membuat keributan hanya karena pasanganmu nge-like foto cewek selfie. Hmm, itu sih sepertinya kadar cemburumu sudah berlebihan.

Hati-hati, cemburu bisa merusak hubunganmu. Rasa cemburu bak pisau bermata dua, jangan hanya fokus pada satu matanya saja, nanti kamu tercabik-cabik mata lainnya.

Untuk melindungi hubunganmu dari rasa cemburu yang berlebihan, ada baiknya kamu ubah cara berpikirmu sendiri dulu sebelum kamu meletakkan tanggung jawab untuk mengubah keadaan di pundak pasangan.

5 Cara Atasi Rasa Cemburu ke Pasangan

Selalu Sediakan Waktu Untuk Menenangkan Diri

Jangan biasakan diri untuk langsung mengonfrontasi. Setiap ada hal yang memancing kecemburuanmu, selalu usahakan untuk meredamnya terlebih dahulu agar yang tersampaikan pada pasanganmu adalah versi terbaik dari rasa cemburu itu; menyampaikan apa yang kamu rasa tanpa amarah meletup-letup.

Ciptakan Batasan Sikap

Lihat dulu dari mana rasa cemburu itu muncul. Kalau pasanganmu memang punya kecenderungan caper berlebihan pada orang lain, bilang padanya bahwa kebiasaannya itu bisa jadi toxic bagi hubungan kalian. Bantu dia untuk memahami soal batasan yang harus dia punya terhadap "orang luar" demi menjaga hubungan kalian.

Jangan Ungkit Masalah Lama

Kalau kamu pernah diselingkuhi dari hubunganmu terdahulu atau oleh dia sekalipun, tak ada alasan bagimu untuk bersikap cemburu berlebihan. Sembuhkan sisa-sisa lukamu dari hubungan terdahulu supaya kamu bisa menjalin hubungan lagi dengan lebih baik.

Sebelum ke Pasangan, Atasi Rasa Cemburu Itu di Diri Sendiri Dulu

Jadilah Pemberani

Cemburu juga bisa hadir karena ada perasaan terancam. Takut tergantikan, takut pasangan direbut orang, takut diselingkuhi, dan ketakutan-ketakutan lain semacam itu. Ketika itu terjadi, ingatlah tiga hal tentang pasanganmu yang membuat kamu merasa dicintai. Mencintailah dengan berani agar langkahmu menunjukkan rasa cinta padanya tak terhalang oleh ketakutan tak bermakna.

Cintai Diri Sendiri

Kalau kamu lebih cinta pada dirimu sendiri, kamu akan jadi fokus memberi yang terbaik untuk hubunganmu dan pasanganmu. Kamu juga akan lebih fokus membahagiakan diri sendiri. Kamu tak menggantungkan kebahagiaanmu di tangan orang lain, jadi.kamu takkan merasakan ketakutan sekalipun ada "ancaman" dari luar terhadap hubunganmu.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading