Sukses

Lifestyle

Willow Says No School!

sekolah

Anak kedua dari Will Smith dan Jada Pinkett-Smith ini bilang, “I never really get to go to school because I am always on tour, or with my father. There is a tutor most of the time, but usually I am working so I never get to do the lessons. The worst thing about math is all the kids are ahead of me because they go to school.” Dan ini sudah terjadi sejak Willow berumur empat tahun. Di satu sisi, she’s lucky. Tapi di sisi lain, pendidikan penting untuk anak minimal sampai SMA. Education is important.

Bukan hanya agar pandai berhitung, membaca dan menulis. Pendidikan, mengajarkan kepada manusia hal paling mendasar untuk bisa survive: yaitu kemampuan untuk berpikir dan memecahkan masalah. Pendidikan merupakan paspor untuk menuju dunia. Matematika, membaca dan menulis will get you somewhere, although not everywhere. Semakin tinggi tingkat pendidikan, semakin banyak cara untuk menciptakan kesempatan bagi diri kita. Dan semakin baik kesempatan yang bisa kita raih, semakin baik kualitas hidup kita. There’s no other way to put it.

Keuntungan dari pendidikan yang baik:

  • Mempertajam cara berpikir dan memecahkan masalah. Yang akan terus ada dalam diri kita bahkan jauh setelah meninggalkan bangku sekolah.
  • Knowledge is power – sekolah dan universitas secara logis adalah sumber utama dari pengetahuan dan pengetahuan akan jadi modal kita untuk membangun karir setelah lulus. Pengetahuan akan kita dapatkan dari pekerjaan, tapi tanpa pendidikan, pekerjaan tersebut akan sulit kita dapatkan.
  • Mengerti akan adanya perbedaan budaya – pendidikan membuat kita bisa mengeksplor berbagai kebudayaan yang ada di dunia. Kebudayaan bukan cuma satu. Banyak kebudayaan lain yang punya nilai bagus untuk dipelajari, dan memperkaya kebudayaan kita. Kita juga mempelajari, ras yang berbeda punya cara berpikir dan melakukan sesuatu yang juga beda. Saat kita bisa mengerti perbedaan, toleransi juga semakin tinggi.
  • Kualitas hidup – saat ekonomi dunia mengalami resesi, yang terkena PHK dan cepat mendapatkan pekerjaan kembali adalah yang memiliki pendidikan dan pengalaman yang tinggi dibandingkan dengan yang hanya menyelesaikan pendidikan dasar dan kemampuannya terbatas. Semakin banyak pendidikan yang kita terima, semakin banyak kesempatan untuk memperbaiki hidup. Punya pekerjaan yang lebih baik, mendapatkan gaji yang lebih besar, dan bisa menikmati kenyamanan material yang nggak semua orang bisa dapatkan.
  • Pendidikan yang baik bisa mendatangkan networking yang bagus – saat kita punya kemampuan dan pengetahuan, biasanya akan sering bertemu dengan orang-orang yang memiliki dasar yang sama. Dengan membangun network di bidang atau industri yang kita tekuni, kita memperluas lingkaran dan bisa mengandalkan orang-orang yang ada di lingkar tersebut.
  • You can make your conversations sizzle! – jika kita banyak tahu, kita menjadi orang yang menarik. Bisa ngobrol soal ide dan kejadian penting, nggak cuma tentang orang lain atau apa yang lagi sale melulu.
  • Ada beberapa orangtua yang memilih home schooling untuk anak-anaknya. Mungkin banyak kelebihannya, tapi yang pasti, si anak akan kehilangan kesempatan untuk berinteraksi dengan anak seumurnya.
  • Pendidikan penting dalam konteks sekolah karena harus dibarengi dengan interaksi sosial. Anak perlu alat dan tempat (misalnya perpustakaan) yang bisa disediakan oleh sekolah. Memang ada masalah seperti bullying, drugs dan yang lainnya, tapi pendidikan dan interaksi yang didapat dari sekolah lebih memperkaya dibanding hanya belajar di rumah dengan tutor.
  • Pendidikan penting terutama untuk anak dari usia muda karena pikiran mereka masih sangat terbuka sehingga mudah untuk menyerap pengetahuan, dan dimana mereka masih memandang segala sesuatu dengan lugu dan tidak menghakimi atau memihak.

Apapun yang ingin dilakukan anak, orangtua memang harus mendukung, tetapi semua tetap saja harus pada porsinya. So, pastikan anak mendapatkan pendidikan yang baik dan sesuai dengan usianya.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading