Sukses

Lifestyle

Pintar Akali Kartu Kredit

Disadari atau tidak, hampir semua pekerja kantoran memiliki si kartu plastik serba guna dalam dompet mereka. Bagaimana dengan kamu? Apa kartu plastik ini juga jadi penghuni dalam dompetmu?

* Sebenarnya apa sih kegunaan kartu kredit? Apakah penting untuk kita?
Kartu kredit sebenarnya diciptakan untuk memudahkan kita. Karena itulah kita harus bijak dalam menggunakan fasilitas ini sesuai dengan fungsinya. "Keberadaan kartu kredit sebenarnya hanya untuk menggantikan uang tunai dilihat dari segi kepraktisannya. Banyak transaksi yang bisa lebih simpel jika kita menggunakan kartu kredit, seperti pembayaran biaya hotel, pembelian tiket pesawat, dan lainnya,” ujar Eka salah seorang financial planner di QM Financial. Namun, layaknya uang, kita juga harus cermat saat menggunakannya. Karena tidak sedikit orang yang yang terjerat hutang sebagai imbas dari penggunaan berlebih kartu kredit tanpa diimbangi kemampuan membayar.

Frustrasi

* Tahukah kamu kalau bunga kartu kredit per tahun bisa mencapai 48%?
Kaget? Ya, itu kenyataannya. “Apalagi bila transaksinya tidak langsung dilunasi alias hanya dibayarkan sebesar minimum payment saja,” Eka menjelaskan. Bank akan memberikan bunga pada setiap sisa hutang yang tidak bisa dibayar lunas tiap bulannya. “Kartu kredit biasanya dilengkapi dengan buku panduan manual, saat kita pertama kali mendapatkannya. Dalam panduan tersebut sangat jelas tertera tanggal penagihan, besarnya bunga, dan mekanisme penghitungan bunga,” tutur Eka.

*Bagaimana jika ternyata kartu kredit yang kamu miliki sebanyak anggota jari tangan?
Yang ada kita pasti seringkali dipusingkan karena harus memikirkan pembayarannya setiap bulan. Sebenarnya tidak ada peraturan khusus yang mengatur jumlah kartu kredit yang boleh dimiliki oleh seseorang. Yang penting kamu sanggup membayar tagihannya hingga nol setiap bulannya. Ingatlah bunga yang akan kamu terima setiap bulan jika kamu nggak bisa melunasinya.

Buat kamu yang sudah terlanjur terlilit hutang kartu kredit, ada beberapa langkah dari Eka yang bisa kamu ikuti.
1. Yang pasti hentikan penggunaan kartu sampai tagihannya lunas. Kalau perlu gunting kartu kreditmu.

2. Lunasi tagihan sesuai kemampuan kita. Misalnya, kita punya utang 10 juta dengan minimum payment 1 juta per bulan, kita bisa mencicil 1 juta per bulan secara berkelanjutan. Dengan metode seperti ini, kita dapat melunasinya dalam 10 bulan, dengan catatan, selama belum dilunasi kamu nggak coba-coba untuk gesek lagi.

3. Langkah ketiga adalah langkah pencegahan. Setiap kali tagihan datang, periksa apa aja isinya jadi kamu bisa membuat perencaanaan keuangan untuk pos-pos yang memerlukan pengeluaran lebih banyak.

Tunggu apalagi? Segera bebaskan lehermu dari jeratan hutang kartu kredit dan mulai sekarang berpikirlah ribuan kali saat akan menggunakan kartu plastikmu!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading