Sukses

Lifestyle

Yuk Coba Hitung Kalori!

Padahal lemak dan kelebihan berat badan adalah musuh utama para perempuan, bukan? Tapi ironisnya justru kita nggak memerhatikan apa-apa saja yang masuk ke dalam mulut kita.

Tahukah kamu kalau kebutuhan kalori kita (para permpuan) per hari ternyata hanya sekitar 2.200 kalori. Kebutuhan kalori sebanyak 2.200 tersebut bisa kita peroleh dari berbagai sumber makanan yang tentunya memenuhi pola gizi seimbang.
Timbang makanan
Kalau melihat jumlah tersebut, mungkin kamu mengira nggak akan kebablasan kelebihan kalori karena yang dibutuhkan cukup banyak. Eits.., jangan salah! Tahu nggak, sebungkus mi instan yang kamu santap saat sarapan mengandung 330 kalori? Belum lagi kopi atau teh manis yang biasa jadi teman sarapan, juga turut menyumbang sekitar 70--75 kalori. Coba hitung, untuk sarapan pagi saja, berapa kalori yang sudah kamu masukkan ke dalam tubuh? Belum lagi saat makan siang, camilan sore, dan makan malam.

Kelebihan kalori yang kamu makan setiap hari bisa diatasi dengan olahraga rutin. "Untuk makan memang sebaiknya mulai kita takar dan perhitungkan. Karena kelebihan kalori yang tidak dibuang lama-lama akan menjadi lemak dan pastinya akan bikin berat badan bertambah. Nah, salah satu cara untuk membakar kalori, adalah dengan olahraga kardio selama 1 jam, yang bisa membakar 300 kalori. Ya, cuma 300 kalori. Maka dari itu sebaiknya kita mulai menjaga asupan kalori yang kita konsumsi setiap hari demi kebaikan kita sendiri," Tiara, seorang personal trainer, menjelaskan saat ditemui tim FIMELA.com di Celebrity Fitness fX, Sudirman.

Berikut ada cara sederhana untuk menghitung kebutuhan kalori kamu

Wanita = 65.52 + (9.56xBB) + (1.7xTB) - (4.77xU)*

BB = Berat Badan ideal (kg)/ (TB-100) - (0.1x (TB - 100)
TB = Tinggi Badan (cm)
U = Umur (tahun)


Nah, setelah menggunakan rumus tersebut, berapa sih kebutuhan kalori harian kamu sebenarnya? Dan gimana kamu menyusun pola makan kamu sehari-hari? Ditunggu komentarnya!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading