Sukses

Lifestyle

Ada Apa Di Balik Gejala Flu dan Pilek

gejala pilek 

Gejala: Bersin.

 Artinya: Tubuhmu berusaha mengeluarkan bakteri dan partikel lainnya dengan gerakan tiba-tiba berbarengan dengan mengeluarkan udara. Jangan tahan bersin, karena tubuhmu berusaha untuk mengeluarkan sumber penyakit.

Waktunya kuatir: Nggak usah. Tapi kalau bersin-bersin mengganggu hidupmu atau bertahan sementara gejala flu lainnya sudah hilang, bicarakan dengan dokter untuk cari tahu apakah alergi merupakan penyebabnya.

Pengobatan sendiri: Gunakan tisu yang lembut untuk membantu mencegah penyebaran virus. Nggak punya tisu? Bersin ke lengan baju, jangan tangan. Kemungkinan penyebaran bakteri nggak terlalu besar.

Over-the-counter: Beberapa antihistamin (yang bisa bikin ngantuk) bisa membantu mengurangi bersin. Tapi kebanyakan ahli menyarankan untuk membiarkan gejala bersin tanpa harus diobati.

 

Gejala: Demam dan Panas.

Artinya: Demam adalah cara tubuh menyebarkan panas saat merasa dingin. Biasanya diikuti panas, karena tubuh berusaha melindungi diri dengan menaikkan temperatur untuk melawan virus.

Waktunya kuatir: Saatnya ke dokter kalau suhu tubuh naik melebihi 39 derajat, kalau demam bertahan selama 72 jam tanpa berhenti, atau kalau kamu mulai sesak napas atau pusing.

Pengobatan sendiri: Usahakan banyak minum, agar nggak dehidrasi. Kompres dengan air hangat bisa membantu.

Over-the-counter: Acetaminofen, ibuprofen, atau naproxen bisa menurunkan demam.

gejala pilek

Gejala: Tenggorokan Gatal.

Artinya: Lendir memenuhi tenggorokanmu, menyebabkan iritasi dan radang.

Waktunya kuatir: Kalau kamu merasa kesulitan menelan atau bernapas, waktunya ketemu dokter untuk periksa apakah ini merupakan gejala yang lebih serius seperti infeksi bakteri.

Pengobatan sendiri: Kumur dengan air garam hangat. Atasi tenggorokan gatal dengan cairan, seperti teh yang nggak mengandung kafein dan kaldu, atau dengan es batu.

Over-the-counter: Acetaminofen atau ibuprofen akan membantu mengurangi radang.


Gejala: Hidung Meler

Artinya: Tubuhmu menaikkan produksi lendir untuk mengeluarkan virus pilek atau flu dari dari saluran pernapasan.

Waktunya kuatir: Kalau kesehatanmu nggak membaik setelah satu minggu, kamu bisa jadi terkena infeksi sinus, yang membutuhkan pengobatan dengan antibiotik.

Pengobatan sendiri: Perbanyak minum atau konsumsi cairan untuk mengurangi lendir. Sup ayam hangat bisa mengurangi radang. Buang lendir ke tisu dengan perlahan, karena terlalu keras bisa melukai sinus.

Over-the-counter: Gunakan semprotan hidung untuk melegakan saluran pernapasan, atau gunakan decongestan oral atau antihistamin.

gejala pilek

Gejala: Sinus Pressure.

Artinya: Lendir yang tersumbat di saluran pernapasan dan akhirnya tersangkut di sinus karena nggak lancar salurannya.

Waktunya kuatir: Kalau kamu jadi demam lebih dari 39 derajat, bisa jadi terkena infeksi bakteri, yang bisa diobati dengan antibiotik.

Pengobatan sendiri: Jaga agar sinus tetap lembab dengan menggunakan humidifier, atau berdiri di depan baskom yang berisi air panas.

Over-the-counter: Decongestan spray bisa mengurangi penyumbatan dan pembengkakan sinus.

 

Gejala: Batuk.

Artinya: Refleks yang terjadi untuk melegakan tenggorokan, batuk terjadi saat kelebihan lendir (atau gangguan lainnya) yang mengganggu saraf yang ada di saluran pernapasan.

Waktunya kuatir: Kalau kamu jadi sesak napas dan batuk sampai keluar darah atau lendir yang berwarna, bisa jadi terkena bronchitis, sinus, atau pneumonia.

Pengobatan sendiri: Jangan minum obat batuk dulu; karena belum tentu efektif. Coba, atasi tenggorokan gatal dengan permen pedas, atau meminum air hangat.

Over-the-counter: Produk dengan pseudoephedrine bisa membantu tapi seringkali membuat ngantuk. Versi yang nggak bikin ngantuk adalah phenylephrine walaupun nggak terlalu efektif. Naproxen juga bisa mengurangi radang.

 

Gejala: Kelenjar Membengkak.

Artinya: Kelenjar getah bening memproduksi sepasukan sel yang memerangi infeksi untuk melawan virus.

Waktunya kuatir: Kalau kelenjarmu tetap membesar selama beberapa minggu setelah flu atau pilek, bisa jadi, walaupun jarang, merupakan gejala penyakit yang lebih serius, seperti kanker getah bening.

Pengobatan sendiri: Nggak banyak yang bisa dilakukan untuk mengurangi pembengkakan. Biasanya kembali menjadi normal dalam beberapa minggu.

Over-the-counter: Gejala flu atau pilek lainnya bisa jadi malah lebih mengganggu, tapi acetaminofen atau ibuprofen bisa mengurangi sakit atau ketidaknyamanan yang disebabkan pembesaran kelenjar.

 

Gejala: Badan Ngilu.

Artinya: Mirip dengan flu, sakit atau ngilu pada seluruh tubuh adalah tanda tubuhmu melepaskan zat kimia yang membantu sel darah putih melawan infeksi.

Waktunya kuatir: Hanya jika rasa sakit atau ngilu bertambah, tapi biasanya jarang terjadi kalau kamu terkena flu atau pilek biasa.

Pengobatan sendiri: Perbanyak istirahat, dan mandi air hangat untuk melemaskan otot – atau coba kompres dengan botol air panas.

Over-the-counter: Acetaminofen atau ibuprofen bisa mengurangi rasa sakit.

 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading