Sukses

Lifestyle

Kacang, Si Snack Bergizi

kacang

 

Variasi kacang:

Almond

Mengandung lebih banyak serat, protein, serta nutrisi lain dibanding jenis kacang-kacangan lainnya; bahkan sangat bagus untuk kesehatan jantung. Dimasak dengan cara dipanggang bisa membuat rasa dan teksturnya lebih enak serta renyah. Almond yang dicincang atau diiris halus bisa menambahkan sentuhan yang berbeda pada tumis sayuran.

Mete

Kacang yang berbentuk ginjal ini berasal dari jambu mete. Walaupun tekstur dan rasa mete lebih gurih, tapi justru nggak mengandung lebih banyak lemak dibanding kacang lainnya.

Hazelnut

Biasa dikombinasikan dengan cokelat dan kopi serta merupakan bintang utama dari Nutella. Kulitnya yang sedikit pahit, sangat berbeda dengan isinya yang manis serta cocok dikombinasikan dengan masakan daging serta kue.

Kacang Tanah

Jenis kacang yang paling populer ini – sebenarnya merupakan sejenis lentil. Kebanyakan kacang tanah dibuat minyak atau mentega, tapi sudah terbukti sama enaknya dimakan langsung. Kacang tanah juga sering jadi bahan kombinasi kue atau untuk taburan masakan.

FYI, Kulit kacang yang keras sebenarnya mengandung banyak anti oksidan.

Kemiri

Kandungan lemaknya yang tinggi membuat rasa kacang kemiri sangat gurih. Sering digunakan untuk pie atau permen; kacang kemiri juga sering digunakan sebagai bumbu masakan.

Pistachio

Kacang pistachio tinggi kandungan kalsiumnya. Jika membeli kacang pistachio yang masih dalam kulitnya, pilih yang sedikit terbuka. Enak untuk dimakan sebagai cemilan, pistachio juga sering digunakan untuk memberikan rasa berbeda pada dessert.

Walnut

Tinggi kandungan lemak omega-3, sehingga mudah basi. Jika membeli walnut yang belum dikuliti, sebaiknya simpan di lemari es atau freezer. Populer sebagai variasi kue dan taburan untuk salad.

 

Cara Menyimpan Kacang-kacangan:

Karena tinggi kandungan lemaknya, kacang-kacangan mudah tengik, terutama yang sudah dikuliti. Kalau disimpan di kemasan yang kering dan kedap udara, kacang bisa bertahan sampai setahun (walnut dan pistachio sampai tiga bulan). Kacang yang sudah dikuliti bisa bertahan sampai 4 bulan, jika disimpan di kemasan kedap udara dan masukkan ke lemari es, atau di freezer. Karena nggak mengandung air sama sekali, kacang bisa langsung dimakan atau dimasak.

 

Bagaimana Menyiapkan Kacang:

Dipanggang sebentar bisa menyedapkan rasa dan tekstur kacang. Panggang dengan panas 200 C menggunakan alas panggang, selama 5 – 6 menit sampai kecoklatan. Atau panaskan wajan di atas api sedang, masukkan kacang, kurangi panas, aduk selama 2 sampai 4 menit sampai kecoklatan dan harum.

 

 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading