Sukses

Lifestyle

Perlambat Penurunan Daya Ingat

Jangan sampai kamu pikun pada usia mudaSaat tubuh jarang digerakkan dan otak juga jarang digunakan, jangan kaget kalau kamu bisa mengalami penurunan memori saat memasuki usia 40. Para peneliti dari Universitas Chicago Rush menunjukkan bahwa orang-orang yang masih sering menggunakan otak mereka untuk berpikir di usia lanjut memiliki risiko 2,6 kali lebih rendah terserang Alzheimer.

Nggak mau jadi pikun di usia yang masih terbilang muda? Beberapa cara berikut ampuh untuk menjaga ketajaman daya ingatmu.

1. Gunakan dengan Optimal

Otak seperti layaknya tubuh, akan mudah terserang penyakit jika nggak sering olahraga. Otak juga memerlukan olahraga teratur agar tetap tampil prima. Jangan biarkan otakmu “mati” karena terlalu lama nggak digunakan. Mengaktifkan otak nggak selalu identik dengan pekerjaan yang sulit. Carilah kegiatan ringan yang menyenangkan namun tetap bisa mengaktifkan otakmu. Kamu bisa mencoba seni lukis, permainan catur, puzzle, ataupun sudoku.

 

catur adalah salah satu permainan yang bisa menjaga kualitas otak kita2. Pilih Asupan Makanan yang Bergizi

Untuk menambah nutrisi otak, pilihlah makanan yang mengandung asam lemak omega-3, seperti ikan  dan kacang-kacangan. Peneliti dari Universitas California melaporkan bahwa asam lemak omega 3 sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan otak.

3. Inhale… dan Exhale

Stres dan depresi sangat memengaruhi performa dan kesehatan otak kita. Untuk menjaga agar otak nggak terlalu tegang, cobalah untuk merilekskan tubuh dan pikiran. Rileks dan sedikit istirahat adalah obat jitu untuk meredakan ketegangan otak.

4. Tidur Nyenyak

Satu-satunya organ tubuh kita yang nggak pernah berhenti bekerja adalah otak. Ketika otak berhenti beraktivitas, artinya sudah nggak ada lagi kehidupan. Oleh karena itu, otak butuh waktu untuk beristirahat dan nggak bekerja terlalu berat. Tidur nyenyak adalah salah satu cara untuk membuat daya ingat kita tetap tajam. Mengapa demikian? Karena saat tidur sel-sel darah merah berproduksi. Produksi sel darah merah baru tentunya akan melancarkan asupan oksigen menuju otak yang akan menjaga performa otak kita tetap prima.

So, segera bertindak! Jangan sampai kamu menyesal karena harus “hilang ingatan” pada usia muda!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading