Sukses

Lifestyle

Bye-Bye Komputer Lemot

Perbaiki performa komputermu dengan cara sederhanaRasanya pasti sangat menyebalkan jika harus bekerja dengan komputer yang sangat lambat. Saking lambatnya, untuk membuka satu aplikasi saja bisa dibarengi dengan membuat mie instan. Mungkin terdengar berlebihan, tapi percayalah masih ada komputer dengan performa seperti ini digunakan untuk bekerja.

Ada banyak alasan yang bisa membuat komputermu lamban, misalnya saja kelebihan beban atau virus yang membuat OS-mu corrupt. Sebelum hal buruk menimpa komputermu, ada baiknya kamu selalu membuat back up semua data yang ada. Karena saat timbul masalah dengan performa komputer, nggak jarang efek samping yang ditimbulkan adalah “penghapusan paksa” semua data.

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat performa komputermu kembali prima.

Buang/ Remove Program

Performa komputer yang melambat juga sering disebabkan karena adanya salah satu program yang crashed dengan OS atau juga program yang corrupt. Saat ada sebuah program yang bermasalah, biasanya akan muncul pemberitahuan di layar komputermu. Setelah kamu tahu program apa saja yang menimbulkan masalah, segera remove program tersebut dari komputermu. Dengan membuang program yang bermasalah, biasanya komputermu akan berjalan normal kembali. Namun, apabila setelah me-remove program dan komputermu belum bisa kembali prima, sebaiknya install ulang hard disk.

Dengan meng-install ulang hard disk, kamu menghilangkan semua masalah yang ada pada komputermu. Dan komputer pun sudah siap untuk menunjukkan aksi terbaiknya lagi. Nggak cuma itu, sebaiknya kamu pun membuang beberapa program yang tidak pernah lagi digunakan untuk mengurangi beban pada komputermu. Banyak orang yang nggak sadar bahwa program-program kurang penting menjadi sumber masalah bagi komputer mereka.

Buat partisi pada hard disk milikmuPasang Anti Virus

Virus, worm, dan sejenisnya sering banget menjadi penyebab utama melambatnya kerja komputer. Untuk itu segeralah install anti virus dan update secara berkala agar bisa bekerja maksimal melindungi komputermu. Anti virus sangat diperlukan, terlebih jika komputermu terhubung dengan internet. Internet merupakan penyebar virus efektif.

Jika anti virus sudah terpasang, segera scan komputermu secara keseluruhan. Apabila virus memang biang onar pada komputermu, anti virus merupakan obat terbaik untuk menyembuhkan komputer.

Defragment komputermu

Setidaknya defragkomputermu satu bulan sekali. Komputermu akan terbagi-bagi ketika kamu menyimpan file, meng-install, ataupun me-remove program. Dengan melakukan defragment, ruang-ruang yang tidak terpakai dalam komputermu pun akan “terbuang” dan hanya disisakan ruangan yang memang masih terpakai.

Partisi hard disk

Sebaiknya kamu membagi hard disk-mu menjadi setidaknya menjadi 2 bagian, drive C dan drive D. Dan jangan sekalipun kamu menyimpan berbagai file di dalam drive C. Khususkan drive C hanya untuk program komputer. Simpanlah semua dokumen pada drive lain. Selain tidak membebani komputer, penyimpanan file di drive lain juga mencegahmu kehilangan data apabila sesuatu terjadi pada komputer. Karena virus dan kerusakan biasanya terjadi di drive C.

So, Fimelova semoga dengan begitu komputermu bisa bekerja kembali secara maksimal dan kamu nggak perlu menunggu lama lagi saat memasukkan perintah pada komputer kesayanganmu.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading