Sukses

Lifestyle

Bahan Pembersih Organik dari Dapur

bersih rumah 

Kuning Telur: Membersihkan Noda Kopi

Caranya: Campurkan kuning telur dengan air hangat dan usapkan pada noda. Biarkan selama satu atau dua menit dan bilas.

Garam: Lawan Darah

Caranya: Mengurus anak-anak seharian, kamu sudah siap dengan snack dan tensoplas, tapi saat dihadapkan bada noda darah pada pakaian malah kebingungan. Gampang! Basahi dengan air dingin dan taburi garam banyak-banyak. Kemudian, sikat dengan sabun dan bilas.

Pasta gigi: Bikin Sepatu Tampak Baru

Caranya: Pasta gigi bisa memutihkan sepatu olahragamu. Oleskan sedikit pada lecet dan noda kemudian gosok dengan kain lembab. Usap dengan lembut dan bersihkan. Sepatu favoritmu akan terlihat seperti baru!

Bedak Tabur: Menghilangkan Noda dari Kulit

Caranya: Noda minyak memang bikin pusing. Untungnya sedikit bedak tabur bisa menghilangkan noda dari furniture kulit, sepatu atau aksesori kulit lainnya. Pertama, bersihkan area yang kotor dengan lap bersih. Kemudian, taburi bedak secukupnya sampai menutupi noda. Gosok bedak  dengan sikat halus atau sikat gigi dengan gerakan berputar. Biarkan bedak selama tiga jam, kemudian lap dengan kain bersih.

Kulit Pisang: Pengilap Sepatu

Caranya: Kalau sepatu favorit sudah kotor, ambil menu sarapan favorit – pisang! Usapkan bagian dalam kulit pisang ke sepatu, biarkan kering, dan bersihkan sisa kotoran.

Jus Lemon: Hilangkan Jamur pada Alat Makan dan Lantai

Caranya: Noda jamur bisa jadi salah satu yang susah untuk dikalahkan. Untuk menghilangkannya, siramkan area yang terkena jamur dengan jus lemon segar dan biarkan selama 5 sampai 10 menit. Sikat sampai bersih.

Baking Soda: Basmi Noda Minyak

Caranya: Setelah masak, noda lemak atau minyak adalah hal terakhir yang pengen kamu urus. Coba campurkan baking soda yang sudah dicampur dengan sedikit air kemudian tuangkan ke mesin cuci. Noda pun hilang!

Mayonnaise: Lawan Noda Gelas Pada Kayu

Caranya: Oleskan mayonnaise pada kain lembab dan gosok ke noda gelas. Setelah hilang, poles seluruh meja kayu.

Coca-cola: Obat Karat

Caranya: Penghilang karat termasuk mahal dan golongan obat keras. Coba menipiskan karat dengan spons yang sudah direnda, Coca-cola dan sikap sampai bersih. Asam yang terkandung pada soda adalah pahlawannya.

Baking Soda dan Cuka: Penghilang Noda Tembaga

Caranya: Kalau pajangan tembaga favorit mulai terlihat kotor dan bernoda, campurkan cuka dan baking soda sampai berbentuk adonan. Oleskan pada seluruh permukaan pajangan, jangan hanya bagian yang terkena noda. Gosok dengan kain lembut (jangan gunakan sikat), dan bersihkan adonan dari pajangan serta keringkan dengan kain bersih. Ulangi kalau perlu.

Tepung Jagung: Pembersih Karpet dan Furniture

Caranya: Taburi tepung jagung pada karpet kering dan sedot dengan penyedot debu. Bubuknya akan mengangkat noda kotoran dan debu. Coba juga gunakan soda untuk mencuci karpet.

Cuka dan Koran: Pembersih Kaca dan Jendela

Caranya: Kalau jendelamu super kotor, coba ini: isi botol spray dengan cuka dan setengahnya lagi air. Semprotkan pada permukaan jendela dan lap dengan koran.

Cuka dan Garam: Mengilapkan Tembaga dan Kuningan

Caranya: Bersihkan tembaga dan kuningan dengan campuran ½ mangkuk cuka dan dua sendok teh garam. Oleskan dengan menggunakan spons dan biarkan selama 20 menit.

Cuka dan Baking Soda: Melancarkan Saluran Pembuangan

Caranya: Memang bukan noda, tapi merupakan salah satu masalah kebersihan yang paling menyebalkan! Kalau saluran air mampet, coba tuangkan ½ mangkuk baking soda dan tambahkan ½ mangkuk cuka (air panas juga bisa). Setelah campuran tersebut berhenti berbusa, siram dengan air hangat.

Baking Soda dan Air: Pembersih Oven

Caranya: Memang sudah banyak pembersih oven, tapi penuh mengandung bahan kimia yang beracun, tapi kalau kamu punya baking soda dan beberapa menit saja, kamu bisa membuat ovenmu terlihat baru! Campurkan baking soda dan air (dengan takaran yang sama) sampai berbentuk adonan, dan oleskan di sebelah dalam oven. Biarkan semalam, kemudian gosok dengan sikat pembersih esok paginya. Bersihkan dengan kain lembab. Noda bekas panggangan pasti terangkat dengan mudah!

Bedak Bayi: Menyulap Noda dari Wallpaper

Caranya: Wallpaper dan pemasangannya membutuhkan waktu dan uang yang nggak sedikit, tapi noda minyak sedikit saja bisa menghancurkan segalanya. No problem. Tuangkan bedak bayi ke puff bersih, oleskan pada daerah yang terkena noda. Watch the spot disappear.

Vodka: Membuat Cucian Wangi Segar

Caranya: Vodka (yes, vodka!) membunuh bakteri penyebab bau, tapi nggak meninggalkan aroma alkohol saat kering. Jadi kamu bisa membuat cucian lebih segar dengan menyemprotnya dengan vodka sebelum dijemur. Sebaiknya coba tes dulu pada pada satu titik di baju andalan, untuk memastikan tidak merusak bahan atau motif.

Baking Soda dan Air: Membersihkan Bak Cuci

Caranya: Noda bisa membuat bak cuci piring terlihat jorok! Untuk membersihkannya, campurkan empat sendok makan baking soda dengan seliter air. Basahi kain bersih dengan campuran tersebut, peras hingga lembab dan lap bak cuci. Setelah bersih, lap lagi dengan lap kering.

Baking Soda, Garam dan Air: Membersihkan Permukaan Kompor

Caranya: Untuk membersihkan remah dan tumpahan makanan, campurkan ¼ mangkuk baking soda dan dua sendok makan garam dengan air panas secukupnya sampai berbentuk adonan. Oleskan adonan dan biarkan selama 5 menit sebelum dibersihkan dengan lap atau sikat.

Baking Soda: Jauhkan Bau

Caranya: Isi boks terbuka atau mangkuk kecil dengan baking soda, agar bau tak sedap bisa hilang diserap. Tempatkan di kulkas, freezer, kamar mandi, tempat sampah, atau taburi sedikit di kasur tempat tidur.

Koran: Serap Bau

Caranya: Tempat penyimpanan makanan dari plastik cenderung menyimpan bau dan noda bahkan walaupun kita rajin mencucinya. Coba lapisi dengan koran (yang hitam putih) untuk menyerap bau saat disimpan, kemudian cuci sebelum dipakai lagi. 

Roti: Bersihkan Lukisan

Gunakan roti untuk lap lukisan cat minyak. Usapkan roti secara perlahan di permukaan lukisan, untuk mengangkat debu dan kotoran.

Saus Tomat: Anti Noda pada Alat Masak

Gunakan saus tomat untuk membersihkan noda di alat masak berbahan tembaga. Tuangkan sedikit saus tomat ke kain dan usapkan pada panci dan wajan. Bilas dengan air hangat dan keringkan dengan handuk.

Oatmeal: Bersihkan Tangan

Gunakan untuk membersihkan tangan kotor. Campur oatmeal dan air sampai kental; bersihkan tangan, bilas dengan bersih.

Beras: Pembersih Botol

Gunakan untuk membersihkan bagian dalam vas atau botol dengan leher kecil. Isi vas dengan air hangat dan tambahkan sesendok makan beras. Tutup botol atau vas dengan tangan, dan goyangkan, kemudian bilas bersih.

Teh: Lawan Karat

Gunakan untuk membersihkan karat. Campur teh dan air panas, biarkan sampai hitam. Setelah dingin, tuangkan ke ember. Rendam alat rumah tangga yang karatan selama beberapa jam. Bersihkan satu per satu dengan kain. (Gunakan sarung tangan karet agar tangan nggak kena noda teh.)

Soda: Resep Kilap Bak Cuci

Gunakan soda untuk mengilapkan bak cuci piring. Bersihkan dengan lap yang sudah direndam dengan soda, kemudian keringkan dengan lap bersih.

Tepung Kanji: Anti Noda Karpet

Gunakan untuk membersihkan noda pada karpet. Tuangkan tepung kanji ke noda dan biarkan selama 15 sampai 30 menit sebelum di vacuum.

 

 

 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading