Sukses

Lifestyle

Tinggalkan Rumah Berlibur dengan Lebih Aman

Next

liburan

1. Mendapat cuti dari kantor dan berkesempatan berlibur ke luar kota selama beberapa hari memang hal menyenangkan. Namun, jangan terlalu bersemangat hingga rencana berliburmu disebarluaskan ke orang banyak hingga itu bisa diketahui oeh orang asing. Karena, itu seperti membukakan jalan bagi orang berniat jahat untuk melakukan tindakan kriminal.

2. Gunakan adaptor otomatis untuk lampu yang akan menyala saat hari mulai gelap dan akan mati saat pagi hari.

3. Pastikan semua pintu dan jendela terkunci dengan baik dan sebagai tindakan pencegahan yang lebih meyakinkan, rapatkan kunci jendela dengan menambahkan kunci tambahan. Memang di banyak kasus pencurian, pelaku merusak akses masuk ke dalam rumah, namun dengan pencegahan ini, minimal bisa memperlambat proses pelaku untuk melakukan aksinya.

 

Next

 

4. Bila rumahmu memiliki taman, jangan lupa potong rumput sebelum berangkat liburan. Dengan logika saja, bila orang asing melihat sebuah rumah dengan kondisi rumput yang nggak terurus, dengan mudah bisa menyimpulkan bahwa sedang nggak ada orang di rumah.

5. Jangan meninggalkan rumah dengan keadaan tertutup gorden apabila nggak seperti biasanya begitu. Rumah yang selalu tertutup gorden baik pagi maupun malam, memberi sinyal bahwa sang pemilik rumah sedang nggak di tempat dan ada barang-barang berharga di dalamnya. Idealnya, barang-barang elektronik nggak mudah terlihat dari jendela sehingga kamu nggak perlu menutupnya dengan gorden.

liburan

6. Jangan pernah meletakkan perhiasan, barang-barang berharga, atau surat penting di dalam lemari, laci yang mudah terlihat, dan di bawah tempat tidur. Pengalaman seorang teman yang mengalami kecurian, ia berhasil menyelematkan perhiasannya karena ditaruh di dalam tempat mukenah. Jadi, mulailah cari tempat persembunyian yang unik dan nggak mudah tertebak oleh orang asing.

7. Undang tetanggamu untuk memarkirkan mobilnya di depan rumahmu. Bila melihat sebuah mobil terparkir di depan rumah, minimal mampu mengelabui orang asing bahwa rumahmu sebenarnya sedang tak berpenghuni.

 

Next

 

liburan

8. Simpan peralatan berharga seperti sepeda atau rak sepatu di dalam rumah untuk menghindari tangan-tangan usil yang ingin mengambilnya.

9. Jangan pernah menuliskan alamat lengkap di luggage tag. Selain itu, jangan bertukar alamat dengan orang baru yang kamu kenal saat berlibur. Bila ingin keep in touch, cukup bertukar nomor telepon dan jangan terlalu banyak memberikan informasi pribadi.

10. Cara terakhir,tinggalkan nomor telepon pada tetangga yang terpercaya agar kamu dapat dikabari bila seandainya terjadi sesuatu. Bila nggak ada kabar apapun, maka artinya kamu bisa berlibur dengan tenang.

Selamat berlibur, Ladies!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading