Sukses

Lifestyle

3 Gadget Penyebab Kerusakan Tulang Belakang

Next

Gadget hampir menjadi barang primer yang tidak bisa dilepaskan dari aktivitas sehari-hariSiapa sih yang sekarang ini nggak menggantungkan hidup pada gadget? Mulai dari smartphone, tablet, dan laptop, setidaknya salah satu di antara gadget tersebut harus selalu bersama kita ke manapun kita pergi. Dan saking tergantungnya kita pada gadget-gadget tersebut, terkadang kita terkesan memunyai dunia sendiri dan tidak mengindahkan lingkungan sekitar.

Tapi, nggak bisa dipungkiri juga bahwa kegiatan kita yang padat memang mengharuskan kita untuk selalu melekat pada salah satu gadget pintar agar semua pekerjaan bisa berjalan lancar. Apakah kamu termasuk ke dalam kelompok orang dengan ketergantungan tinggi pada gadget? Kalau kamu termasuk ke dalam kelompok orang yang maniak gadget hingga menyebabkan kamu jarang bergerak dari tempat duduk, jangan heran jika sakit punggung menyerangmu di usia muda. FIMELA.com menyambangi Neil Furuno, D.C., salah satu Chiropractor di Chiropractic Indonesia untuk mencari tahu penyebabnya.

Next

Posisi yang salah menyebabkan timbulnya masalah pada tulang belakang“Pada umumnya nyeri punggung dan pinggang yang sering dirasakan orang saat ini adalah karena ulah mereka sendiri. Nyeri yang dirasakan merupakan sinyal dari tubuh bahwa ada sesuatu yang tidak beres terjadi. Nyeri yang dirasa sebenarnya hanyalah dampak dari “masalah” yang terjadi pada tulang belakang mereka. Dan salah satu penyebabnya adalah kebiasaan menggunakan smartphone, tablet, dan laptop dalam posisi yang salah,” Neil menjelaskan di sela-sela makan siang.

Coba perhatikan bagaimana posisi tubuh dan kepala saat kamu memainkan smartphone dan tablet? Posisi kepala selalu menunduk, bukan?  Lalu, bagaimana saat kamu bekerja dengan laptop di kantor? Kepala juga selalu menunduk karena layar laptop nggak sejajar dengan mata dan posisi tubuh cenderung membungkuk pastinya. Ya, inilah yang menimbulkan masalah pada tulang belakangmu sehingga menimbulkan nyeri pada punggung dan juga pinggang.

Next

Lakukan peregangan secara teratur untuk menghindari masalah tulang belakang“Posisi duduk yang salah saat mengoperasikan smartphone, tablet, dan laptop, dan ditambah dengan kurang bergerak adalah faktor umum yang menyebabkan orang-orang terserang sakit punggung. Saat posisi kepala selalu menunduk ketika kita mengoperasikan gadget, kepala otomatis akan berat ke depan mengikuti gravitasi dan itu artinya tulang belakang di area leher akan melawan bentuk tulang seharusnya (tulang leher seharusnya “tertarik” ke belakang). Kebiasaan seperti inilah yang menyebabkan terjadinya pergeseran dan masalah pada tulang belakang sehingga nyeri punggung dan pinggang pun tidak bisa dihindari,” ujar Neil.

Next

Beri ganjalan saat duduk agar punggung tetap lurusJadi, apa yang harus dilakukan jika pekerjaan kita mengharuskan kita untuk tidak lepas dari smartphone, tablet, dan laptop setiap saat? “Ya, kita memang nggak bisa menghindari kebutuhan akan gadget, tapi kita bisa menghindari dampak buruk yang bisa terjadi dengan mulai melakukan kebiasaan baik. Setidaknya bangunlah dari tempat duduk secara berkala setiap satu jam untuk merilekskan tubuh. Atau jika memang terlalu sibuk untuk beranjak dari tempat duduk, cukup lakukan peregangan di tempat dudukmu selama beberapa detik. Buka tangan ke samping dan busungkan dada ke depan sambil mengatur napas. Ini dilakukan untuk mengembalikan posisi tulang belakang ke bentuk seharusnya setelah sekian lama duduk dengan posisi yang kurang sempurna. Dan yang penting, saat duduk, pastikan agar bagian bawah punggungmu dalam posisi lurus. Kamu bisa menggunakan bantalan untuk menyangga bagian belakang bawahmu supaya tetap dalam posisi sempurna,” Neil menyarankan.

 

 

 

Next

 Bukan tidak mungkin pengapuran bisa terjadi jika posisi kerja yang salah terus dibiarkanSekarang, sudah tahukan penyebab nyeri punggung dan pinggang yang kamu alami? Perbaiki posisi tubuh dan istirahat secara teratur jika kamu harus berlama-lama dengan gadget kesayangan kalau tidak ingin masalah tulang belakangmu memburuk. Apa sih yang bisa terjadi kalau kebiasaan buruk ini terus dilakukan? “Bukan tidak mungkin di usia lanjut kamu bisa mengalami pengapuran,” Neil kembali menjelaskan. Waw, lebih menyeramkan, kan? Masih berpikir panjang untuk mulai memperbaiki posisi kerjamu?

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading