Sukses

Lifestyle

Diet Pasca-Melahirkan ala Angelina Jolie dan Heidi Klum, Amankah?

Next

Diet Pasca-Melahirkan ala Angelina Jolie dan Heidi Klum, Amankah?

Kabarnya, Angelina Jolie mengikuti kelas yoga sebelum hingga setelah melahirkan Shiloh, sehingga berat badan yang ia turunkan tak banyak. Selain itu, ia juga mengonsumsi Jahe Afrika dan teh bawang putih. Sementara Katie Holmes, dua bulan pasca-melahirkan anak pertamanya, Suri, sudah kembali mengenakan skinny jeans-nya lagi. Ia menyewa Sue Fleming, penemu program fitness Buff Bride, dan melakukan diet coke, sushi, serta pretzel.

Heidi Klum, beberapa minggu pasca-melahirkan anak keempatnya, Lou, sudah berani tampil memeragakan lingerie koleksi Victoria’s Secret. Dan beberapa saat kemudian, ketika berlibur di Meksiko untuk merayakan ulang tahun pernikahannya, seleb yang akhirnya menggugat cerai Seal ini terlihat mengenakan bikini. Beberapa tahun sebelumnya, Klum bahkan menerbangkan langsung pelatih pribadinya, David Kirsch, dari New York ke Los Angeles. Sama, ketika itu Klum harus tampil di acara Victoria’s Secret, 8 minggu setelah kelahiran Henry. Seperti ibu pada umumnya, Klum juga memberikan ASI intensif untuk anaknya sambil tetap melakukan diet ketat—mengonsumsi sayur serbahijau serta menghindari gula, beras, dan makanan berprotein tinggi—di bawah pengawasan Kirsch.

Jika bobot tubuh melonjak tinggi pasca-melahirkan, program diet rendah kalori dan tinggi gizi sangat dianjurkan. Program ini tidak akan mengganggu produksi ASI. Jika kamu melakukan diet dengan asupan seimbang untuk ibu menyusui, yaitu 2.700 kalori, menurut dr. Inayah Budiasti M.S., berat badan akan lebih cepat turun.

Next

Diet Pasca-Melahirkan ala Angelina Jolie dan Heidi Klum, Amankah?Seminggu setelah melahirkan biasanya berat badan secara alami akan berkurang 2,5 kg, dan secara bertahap terus berkurang sekitar 0,5-1 kg setiap minggunya. Cukup konsumsi makanan sehat, seperti buah dan sayuran, serta olahraga teratur untuk mengembalikan bentuk tubuhmu: 3 kali seminggu minimal 30 menit; membatasi makanan karbohidrat tinggi dan mengandung gula, termasuk cokelat, minuman soda, susu kental manis, kue dan roti; menghindari makanan yang digoreng atau menggantinya dengan minyak lemak tak jenuh seperti zaitun, jagung, kedelai, dan biji bunga matahari; memperbanyak konsumsi makanan rebus, kukus, ungkep, tumis, panggang, tim, atau bakar; dan istirahat cukup.

Kamu juga bisa memulai senam ringan satu jam pasca-melahirkan di tempat tidur. “Exercise ini paling cocok dilakukan perempuan setelah melahirkan untuk membantu proses penyembuhan, selain membantu mengembalikan otot-otot dinding perut yang kendur,” papar dr. Sri Nilawati SpKO seperti yang dikutip dalam blog pribadi dr. Inayah Budiasti, M.S.,SpGK. Jika timbul rasa nyeri sebaiknya senam dilakukan perlahan. Ini juga berfungsi untuk memperlancar ASI.

Kenapa tak coba diet instan? Bukankah metode pelangsingan tubuh secara instan kian populer? Suntikan pencair lemak Lipostabil dan pembakar lemak L. Carnitine di bagian tubuh yang ingin dikecilkan menimbulkan efek samping seperti memar dan berkeringat di bagian yang disuntik, mual, muntah, pusing, dan dehidrasi. Obat-obatan yang dimasukkan ke dalam tubuh juga tak dianjurkan karena membahayakan produksi dan kualitas ASI.

Mesoterapi yang membantu penyusutan dan pelelehan lemak dalam tubuh pun memang manjur membentuk bagian tubuh tertentu. Namun, ekstrak tumbuhan dan vitamin yang dimasukkan ke dalam tubuh, selain bisa menimbulkan iritasi, juga berisiko terhadap ibu menyusui. Sementara minuman herbal memiliki efek samping lebih kecil dibandingkan dengan obat-obatan kimia, namun sebaiknya juga dihindari karena membuat ASI pahit. Liposuction, Tummy Tuck, gelombang Ultrasound, akupunktur, sampai diet superketat juga tak disarankan dilakukan pasca-melahirkan dan selama menyusui karena luka jahitan yang belum benar-benar kering. Produktivitas dan kualitas ASI yang secara tak langsung terkena dampaknya juga berpengaruh pada tumbuh-kembang bayi.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading