Sukses

Lifestyle

Camilan Sehat & Rendah Kalori untuk Pesta Serumu

Next

Red wine

Red wine jadi minuman wajib yang nggak boleh absen tiap kali kumpul bareng? Pilihan tepat. Red wine memang rendah kalori. Bukan hanya itu, tapi juga kaya antioksidan yang bisa melindungi hati, juga membantu tubuh mempertahankan sel sehat. Kandungan kalium, resveratrol, dan pycnogenol sebagai penguat kolagen yang melenturkan pembuluh darah juga dapat menghambat proses penuaan sehingga membuat kita tampak awet muda. Kandungan gula alami dalam minuman ini bahkan mampu mengatasi kelelahan, sehingga daya tahan tubuh terjaga. Resveratrol juga berfungsi mencegah kanker dan sakit akibat pengobatan kanker payudara. Para dokter di Institute of Cancer Research membuktikan bahwa antioksidan yang terkandung dalam anggur dapat melindungi tubuh dari radiasi fibrosis, yakni pengerasan jaringan di sekitar payudara akibat radioterapi yang sangat menyakitkan. Bagi penderita kolestrol tinggi, kandungan saponin pada anggur dapat menghambat dan mencegah penyerapan kolestrol di dalam darah. Satu atau dua gelas anggur merah ternyata juga terbukti dapat meningkatkan libido perempuan. Studi yang dilakukan tim dokter Italia menemukan bahwa hasrat seksual perempuan peminum red wine lebih tinggi daripada perempuan yang mengonsumsi minuman beralkohol lainnya. Senyawa kimia yang ditemukan dalam red wine dapat memperbaiki fungsi seksual dengan meningkatkan aliran darah ke bagian vital tubuh.

Kacang-kacangan

Kamu menjauhi kacang-kacangan karena kandungan lemaknya yang tinggi? Ubah pandanganmu. Lemak yang dikandung kacang-kacangan adalah lemak tak jenuh yang berfungsi meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kolesterol jahat (LDL). Lemak tak jenuh inilah yang menyuburkan rambut serta menyehatkan kulit dan kuku. Walaupun begitu, kacang-kacangan mengandung kalori tinggi, jadi cukup habiskan segenggam hazelnut yang mengandung 94% lemak baik karena segenggam saja sudah bisa membuat perutmu kenyang.

Next

 

Sayuran mentah

Senampan besar sayuran mentah selalu jadi serbuan dalam tiap pesta, jadi sediakan juga menu ini di pesta kecilmu bareng sahabat. Sayuran kaya air dan nutrisi, rendah kalori, dan 100% bebas lemak. So, kamu bisa siapkan bermacam sayuran dan olah jadi salad segar agar teman-temanmu makin bersemangat melahapnya. Asparagus yang memucat, kacang hijau, plus sayuran hijau lain yang mengundang selera dijamin bangkitkan mood kalian malam ini!

Jus tomat

Kalau kamu dan teman-temanmu nggak tertarik melahap sayuran, jus tomat bisa jadi pengganti menu sehatmu. Segelas jus tomat rendah lemak dan kalori, namu kaya vitamin C. Kamu juga bisa menjadikan tomat sebagai pencuci makanan berkalori yang kamu konsumsi. Tomat juga mengandung karbohidrat, namun karbohidrat dari buah lebih mudah dicerna dan lebih baik bagi tubuh daripada karbohidrat yang dikandung nasi, mie, ataupun roti. Protein dalam tomat juga mengandung asam amino untuk membangun dan mengganti sel-sel yang rusak. Tomat menjadi andalan detoksifikasi tubuh. Walaupun menyehatkan, penderita darah tinggi disarankan tidak mengonsumsi jus tomat secara berlebihan karena kandungan garam mineralnya tidak cocok bagi penderita hipertensi.

Next

 

Buah-buahan
Dalam party apapun, buah akan selalu jadi menu dessert andalan. Sama seperti sayuran, buah segar kaya nutrisi, kandungan air, dan rendah kalori plus lemak. Buah-buahan bisa membantumu merasa “kenyang” sebelum menikmati main course sehingga konsumsi lemak dan kalori bisa diminimalisasi. Buah bukan hanya makanan selingan, tapi seharusnya jadi menu wajib harian. Menurut pakar nutrisi Emilia E. Achmadi, makan buah sifatnya mutlak untuk memenuhi kebutuhan gizi dalam tubuh. Emilia juga menyarankan untuk mengonsumsi buah tidak dalam satu waktu, jadi bisa diselipkan di sela-sela makan besar sebagai camilan. Fungsinya sama, meminimalisasi main course yang kamu santap.

Ikan

Nggak pernah berpikir menghadirkan menu ikan di party-mu? Kenapa nggak? Ikan  bisa jadi menu mewah dan full gizi. Coba kreasikan daging ikan dalam mini sushi roll atau smoked salmon untuk meramaikan meja jamuan. Dua menu itu kaya omega 3, lemak yang sangat dibutuhkan tubuh dengan berbagai macam manfaat, termasuk untuk menyehatkan rambut, kulit, dan kuku, seperti kacang-kacangan.

Popcorn

Popcorn sering jadi pilihan untuk teman nonton film maupun ngobrol, termasuk party kecil bareng sahabat. Satu cup popcorn mengandung 30 kalori dan lebih dari 1 gram serat, jadi 1 boks besar popcorn hanya mengandung 93 kalori dan 1,5 gr lemak. Selain rendah lemak, popcorn kaya antioksidan, vitamin B, E, dan magnesium. Tapi, yang perlu diingat adalah kandungan mentega saat proses pemanggangannya, juga topping karamel yang bisa-bisa membuat kandungan lemak bertambah berkali lipat.

Next

 

Angel food cake

Angel food cake mengandung kalori 50% lebih rendah dibandingkan dengan cake biasa, so cake ini pas untuk camilan sehatmu dan lupakan cake-cake tinggi lemak. Cake yang dibuat tanpa kuning telur dan bahan kimia ini rendah lemak namun kaya rasa: perpaduan putih telur, cream of tartar, gula, tepung terigu, garam, dan flavor. Bentuknya pun unik dan menggugah selera karena putih telur yang mendominasi adonan memberikan volume dan struktur unik pada cake, membuatnya ringan dan berongga. Jadikan angel food cake sebagai makanan penutup yang bisa kamu kreasikan dengan topping buah segar rendah kalori, seperti strawberry.

Air lemon

Minuman ini kurang oke untuk disajikan dalam party kecil-kecilanmu? Salah. Kamu justru bisa menjadikan air perasan lemon sebagai pencuci mulut setelah menenggak beberapa gelas red wine. Selain menghilangkan bau mulut, lemon juga menetralisasi kalori yang berhasil kamu telan. Apalagi kalau kamu kekurangan air putih, perasan lemon dapat memuaskan dahaga sekaligus memenuhi cairan yang hilang akibat konsumsi minuman beralkohol maupun kafein.

Jadi, party nggak harus disuguhi makanan kaya lemak dan kalori, kan? Di mana pun, kapan pun kamu tetap bisa makan makanan sehat tanpa kehilangan momen spesialmu. Party memang waktu tepat untuk memanjakan diri, tapi bukan berarti kamu seenaknya memasukkan makanan ke perut, apalagi banyak makanan sehat yang menggoda di sekelilingmu. Buat komitmen dengan diri sendiri, makan makanan secukupnya dan tetap memperhatikan asupan kalori. Jangan sampai diet bubar jalan hanya karena satu event sosial. Setuju?

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading