Sukses

Lifestyle

Kurus Lebih Baik ketimbang Gemuk. Siapa Bilang?

Next

Natalia Vodianova

Gemuk masih dianaktirikan. Itulah yang pertama kali terbersit ketika mendengar pernyataan Vodianova, juga melihat fakta bahwa diet demi tubuh langsing dan penampilan sempurna masih jadi topik paling laris di dunia kecantikan. Tapi, Vodianova belum selesai bicara. Apa yang diungkapkan ibu tiga anak yang kini aktif dalam Naked Heart Foundation bukan menyinggung masalah fisik, cantik atau nggak, melainkan lebih karena alasan kesehatan, terutama isu obesitas yang sudah sekian lama mengancam perempuan.

"Diet demi tubuh langsing dan penampilan sempurna masih jadi topik paling laris di dunia kecantikan."

Prof. Dr. Hans Tandra, SpPD-KEMD, PhD, FINASIM, FACE, dokter konsultan beberapa rumah sakit terkemuka di Surabaya dan pendiri DOME Clinic Obesitas mengatakan, obesitas sangat berbahaya karena bisa menjadi penyebab timbulnya berbagai penyakit berbahaya, seperti jantung, diabetes melitus, dan stroke. Orang dengan berat badan berlebih terkadang juga mengalami kesulitan dalam hal psikologis, misalnya bersosialisasi, karena kurang percaya diri.

C'mon guys, kalian tahu lebih baik menjadi kurus daripada menjadi gendut. Kami makan dengan baik dan berolahraga. Please, lakukan itu juga dan kalian akan terlihat seperti kami. Saya merasa prihatin karena sekarang NHS (Britain's National Health Service) terus berjuang melawan obesitas, anak-anak diambil dari orangtuanya karena terlalu gemuk... Itulah kenapa kita menganggap kalau sehat dan kurus lebih baik,” ungkap Vodianova.

Randy Jackson, juri American Idol itu melakukan operasi usus untuk mengurangi badannya hingga 50 kg. Bukan untuk gaya-gayaan atau supaya jadi ganteng, tapi karena penyakit diabetes tipe 2 yang dideritanya sejak tahun 2001. Untuk meminimalkan risiko penyakit turunannya itu, Jackson menjalani gastric bypass surgery dan terus memperbaiki pola makan serta olahraga rutin, seperti treadmill dan yoga.

Next

Nggak jarang juga orang melakukan segala cara dan mau mengeluarkan kocek yang nggak sedikit hanya untuk menghindari orang menganggap dirinya gemuk dan nggak cantik lagi. Blogger yang hobi banget mengkritik gaya seleb Hollywood, Perez Hilton, bahkan baru-baru ini merilis sebuah video, memamerkan bentuk tubuh barunya sambil bergaya mengikuti single Kat Graham, "Put Your Graffiti On Me" saking girangnya berhasil mendapatkan bentuk tubuh impian. Perez Hilton mengungkapkan bahwa tubuh six pack-nya itu diperoleh dengan susah payah dan membutuhkan waktu yang nggak sebentar, dan dia sangat bangga dengan pencapaiannya itu.

"Kalau kamu sehat dan percaya diri, pasti akan terlihat segar dan cantik. Itu jauh lebih berarti ketimbang meributkan soal bobot tubuh."

“Gemuk atau kurus, diet natural atau instan, tetap nggak bisa dijadikan patokan kesempurnaan seseorang. Kalaupun kurus dianggap lebih baik dengan alasan kesehatan tanpa menyinggung fisik, buktinya banyak orang kurus yang justru memiliki kolesterol tinggi, bahkan lebih berbahaya karena nggak terlihat langsung dari bentuk tubuhnya,” ujar salah satu Fimelova, Merry, 22 tahun. Dr. Jimmy Bell, profesor bidang penggambaran molekuler di Imperial College, London, membenarkan, “Berbadan kurus bukan berarti tidak berlemak. Konsep tentang pengertian gemuk perlu dijelaskan ulang. Bisa saja thin outside, fat inside.” Senada dengan dr. Jimmy, dr. Louis Teichholz, Kepala Bidang Kardiologi Rumah Sakit Hackensack di New Jersey, Amerika Serikat, pun mengatakan, “Cuma karena berbadan kurus tidak berarti kebal dari bahaya diabetes atau penyakit jantung.”

Vodianova pun kembali menegaskan (atau mungkin memperbaiki statement-nya?) kalau dia nggak akan menyinggung bentuk fisik atau penampilan tiap orang, karena itu privacy mereka. “Tidak peduli siapa pun kalian, kalian adalah diri kalian sendiri. Karenanya aku melakukan apa yang hatiku katakan, bukan otakku katakan.” Dia nggak akan mengerjakan sesuatu kalau itu mengorbankan prinsipnya. Sama halnya dengan nggak peduli patokan citra tentang tubuh atau kecantikan yang orang buat, gemuk atau kurus, kalau kamu sehat dan percaya diri, pasti akan terlihat segar dan cantik. Itu jauh lebih berarti ketimbang meributkan soal bobot tubuh. Semoga itu yang sebenarnya dimaksud Vadioniva, dan semoga kali ini semua setuju.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading