Sukses

Lifestyle

Salah Pilih, Sunglasses Justru Bisa Merusak Mata

Next

sunglassesWhy we have to wear sunglasses?

Biasanya sunglasses baru dicari kalau kita berencana liburan ke pantai. Benar nggak? Selain untuk menunjang penampilan agar semakin keren, sinar matahari di daerah tepi pantai memang sepertinya memaksa kita untuk menggunakan sunglasses saat beraktivitas.

“Sunglasses penting untuk menjauhkan mata kita dari paparan langsung sinar matahari yang mengandung UV A, UV B, UV C, dan Blue Light Ray. Mungkin jarang mendengar Blue Light Ray, tapi jenis sinar ini juga sama berbahayanya seperti sinar UV yang lain, bahkan lebih sulit untuk dideteksi. Seringkali kita menganggap remeh, padahal sinar UV tersebut akan membawa dampak buruk bagi kesehatan mata. Terburuk, kita bisa menderita katarak,” ujar Christine Ellisa, Marketing Communication di Optik Seis.

Di Indonesia, memang menggunakan sunglasses masih lebih menjadi bagian dari gaya. Padahal, lebih dari itu, penggunaan sunglasses penting demi kesehatan mata kita. Masyarakat di Indonesia masih belum terbiasa melihat pejalan kaki menggunakan sunglasses, tapi sampai kapan kita mau mendengarkan apa kata orang dan mengabaikan kesehatan mata kita?

Sunglasses hanya digunakan saat tengah hari, benarkah?

Selain di kawasan pantai, sunglasses biasanya lebih sering digunakan oleh mereka yang mengemudi kendaraan bermotor, baik roda dua maupun roda empat. Karena memang silaunya sinar matahari, seringkali menusuk mata dan mengganggu penglihatan si pengemudi.

Apakah sunglasses digunakan saat matahari sudah terasa menyakiti mata dan mengganggu penglihatan? No! “Sebaiknya gunakan sunglasses di manapun terdapat kemungkinan kita terpapar sinar matahari. Bahkan, jika di ruang kerja kita terdapat jendela yang membuat sinar matahari bisa menjangkau mata kita, sunglasses pun sebaiknya tetap digunakan. Jadi, sebisa mungkin gunakan sunglasses kapanpun mata terpapar sinar matahari,” Christine menjelaskan.

Ini dia alasan kenapa sunglasses (cenderung) mahal!

Next

sunglassesIni dia alasan kenapa sunglasses (cenderung) mahal!

Siapa sih yang bilang sunglasses murah? Bahkan, terkadang jika dibandingkan dengan harga kacamata baca yang digunakan setiap hari, ada beberapa sunglasses yang dibanderol dengan harga lebih mahal. “Kalau masalah harga, pasti akan bicara kualitas. Mau sunglasses yang murah juga banyak, tapi lihat lagi material yang digunakan. Sunglasses murah biasanya menggunakan material plastik biasa untuk membuat frame-nya. Sehingga jika terpapar atau diletakkan begitu saja di bawah sinar matahari, pasti akan mengeluarkan aroma plastik terbakar sangat kuat. Dan untuk lensa, sunglasses murah biasanya hanya dilapisi kaca film biasa karena prinsip mereka yang penting gelap. Sedangkan sunglasses dengan kualitas baik, biasanya dibuat dari material natural plastic yang lebih solid. Dan untuk lensa juga menggunakan coating lens yang benar-benar bisa melindungi mata dari bahaya sinar UV,” ujar Christine.

Pemilihan kacamata asal-asalan, yang penting gelap, ternyata juga bisa membahayakan kesehatan mata, Fimelova! Jangan cuma beli kacamata ‘asal gelap’ yang murah, karena ternyata lensa yang ditempel dengan kaca film yang ‘asal gelap’ bisa mengganggu penglihatan dan justru membuat mata kita menjadi rabun. “Ada beberapa kacamata ‘asal gelap’ yang sekadar ditempeli kaca film justru malah membuat penglihatan si pengguna jadi kabur. Dan dampaknya apa jika kacamata seperti ini sering digunakan? Bukan tidak mungkin matamu jadi rabun (rabun jauh atau rabun dekat),” Christine kembali menjelaskan.

So, how we choose the right sunglasses?

Berapa banyak sih di antara kamu yang menjadikan alasan kesehatan mata sebagai prioritas utama saat membeli sunglasses? Mayoritas, saat membeli sunglasses kita akan terlebih dahulu melihat model. Nggak salah sih, mengingat sunglasses juga sangat menunjang penampilan kita. Selain itu, kocek yang tidak sedikit dikeluarkan pun membuat kita ingin mendapatkan barang yang sempurna.

Padahal, terlepas dari itu semua, ada baiknya kita fokus pada tujuan penggunaan saat memilih sunglasses. “Jika kamu memang orang yang sering melakukan beragam aktivitas di luar ruangan, ada baiknya pilih sunglasses yang memang didesain khusus untuk kegiatan tertentu, sunglasses untuk berolahraga misalnya. Tapi, bukan berarti kamu nggak bisa memilih satu jenis sunglasses yang bisa dipakai untuk berbagai kegiatan lho. Pastinya ada sunglasses yang memang bisa digunakan untuk berbagai aktivitas dan tempat, Rayban misalnya. Sunglasses Rayban yang dibuat dengan lensa Ray-Ban Ambermatic berfungsi untuk membuat kondisi penglihatan lebih gelap tergantung berdasarkan banyaknya cahaya yang diterima dan juga suhu lingkungan,” tutur Christine saat dihubungi FIMELA.com.

Nah, Fimelova, sunglasses ternyata lebih dari sekadar gaya. Sunglasses bisa menjadi salah satu asuransi yang kita berikan untuk melindungi masa depan kesehatan mata. Dan yang pasti, mulai sekarang sebaiknya berpikir ulang untuk membeli sunglasses ‘asal gelap’ karena matamu jadi taruhannya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading