Perempuan Jangan Takut Berekspresi

Vera Erwaty Ismainy30 Apr 2015, 13:40 WIB

Jakarta Fimelova, ekspresi adalah bentuk pencerminan diri. Presenter Rebecca Tumewu atau yang akrab disapa Becky, mengatakan ekspresi tidak hanya menunjukkan hal yang terlihat. Yang paling penting dalam ekspresi adalah apa yang perempuan lakukan bisa menunjukkan dan mencerminkan diri mereka. Buat saya, katanya, perempuan yang tahu caranya berekspresi dan berani berekspresi adalah mereka yang tahu apa maunya, apa yang mereka suka dan apa yang pantas untuk dirinya

Sayangnya, belum semua perempuan memiliki keberanian untuk mengekspresikan dirinya. Ketika melihat Indonesia secara umum, Becky berpendapat, umumnya perempuan masih terpagari oleh pandangan dan aturan sosial dari lingkungan tertentu. Biasanya hal ini terjadi pada perempuan yang tinggal di kota-kota kecil dan pelosok-pelosok desa. Kondisi ini sangat bertentangan dengan para perempuan di kota besar yang sudah relatif lebih modern dan berani dalam menunjukkan ekspresi dirinya. 

“Alangkah baiknya di masa mendatang, perempuan Indonesia sudah tahu apa haknya sehingga apa yang mereka lakukan bisa berdampak positif tanpa harus mengabaikan peranannya sebagai perempuan, istri dan ibu. Jadi ekspresi diri bisa dilakukan dengan lebih merdeka,” ucap Becky.

Kalau dikaitkan dengan momen Hari Kartini yang baru saja berlalu, Becky mengatakan, perempuan Indonesia masih menghadapi tantangan dalam kiprahnya. Tantangan untuk perempuan masa kini bukan lagi soal emansipasi.  Hal ini dikarenakan sudah banyak juga perempuan yang juga memiliki peranan dan posisi yang hebat seperti laki-laki. Menurutnya, tantangan bagi perempuan saat ini adalah bagaimana perempuan mampu memerankan banyaknya peran yang ada seperti sebagai istri, ibu, perempuan yang berkarir dan lain-lain.

“Jadi bagaimana perempuan menjalankan peran-peran tersebut dengan penuh rasa tanggung jawab. Yang harus disadari adalah setiap peran selalu diikuti dengan tanggung jawab yang harus dipenuhi,” ucapnya.

Tips untuk perempuan Indonesia dari ibu dua anak ini adalah, perempuan harus tahu apa yang menjadi hak dan kewajibannya. Dengan begitu, perempuan bisa menjalankan hidup dengan menikmati hanya tanpa mengesampingkan kewajiban dan kepentingan orang-orang yang ada di sekitarnya seperti misalnya keluarga, Fimelova.

Becky merupakan satu dari sepuluh perempuan inspiratif yang mendapatkan penghargaan dari Ponds atas prestasi dan kiprahnya yang sudah menginspirasi banyak orang. Kesembilan perempuan lainnya adalah Bunga Citra Lestari, Maya Hasan, Dewi Lestari, Christine Hakim, Obin, Sarah Sechan, Mira Lesmana, Nia Zulkarnaen dan Najwa Shihab. Pemberian penghargaan ini dilakukan bersamaan dengan Pond’s Miracle Concert bertajuk “Express to Impress”.

Konser yang dilangsungkan pada 22 April yang lalu ini menggandeng Andi Rianto dan Magenta Orchestra untuk menyajikan rangkaian musik yang mencerminkan sisi unik dan ekspresi setiap perempuan Indonesia. Lagu-lagu terpilih pun dinyanyikan oleh beberapa musisi dan band papan atas Indonesia, seperti Kahitna, RAN, Petra Sihombing, Armand Maulana, Harvey Malihollo, Mike Mohede, Judika, Teza Sumendra, Maruli Tampubolon dan Nathan Hartono.