Sukses

Lifestyle

Rencanakan Liburan, dari Sisi Keuangan

Jakarta Yang harus kamu pikirkan adalah:

1. Seberapa Banyak yang Kamu Butuhkan

Ada beberapa pengeluaran utama dalam budget liburan. yaitu:

- Tiket pesawat dan akomodasi. Bisa jadi merupakan pengeluaran terbesar dalam liburan, sebaiknya kamu tahu saat yang tepat untuk mencari penawaran terbaik alias murah dan ramah budget! Waktu yang paling pas untuk cari tiket adalah saat promo atau sebulan sebelum tanggal keberangkatan.

- Hiburan. Cari tahu tur atau kegiatan yang ada dan perhatikan kalau ada diskon khusus di saat tertentu.

- Makanan. Lakukan riset tentang tempat tujuan agar kamu bisa memperkirakan seberapa besar yang harus kamu sisihkan untuk makan. Cari hotel yang menyediakan sarapan atau akomodasi dengan dapur agar bisa memasak makanan.

- Seberapa detil kamu mempersiapkan rencana perjalanan, pasti ada saja pengeluaran tak terduga - mau itu tas lucu yang nggak bisa kamu lupakan atau situasi emergency. Karena itu, penting untuk menyiapkan dana cadangan.

- Asuransi, paspor, vaksin. Cari tahu apakah ada visa khusus yang diperlukan atau vaksin tertentu. Masukkan ke dalam daftar pengeluaran.

- PENTING: kurs penukaran uang bisa berganti dengan drastis dalam waktu singkat dan bisa memengaruhi seberapa besar pengeluaranmu.

 

2. Bagaimana Membayar Pengeluaranmu?

Kalau kamu punya banyak waktu untuk mempersiapkan liburan, buka tabungan khusus sehingga kamu bisa mencicil sampai mencapai target yang diinginkan. Kalau kekurangan, kartu kredit bisa jadi opsi yang memudahkan. Pembayaran tiket pesawat dan penginapan bisa menggunakan kartu kredit. Perhatikan juga penawaran khusus seperti promo tiket murah atau cicilan 0% dalam pembelian tiket pesawat yang sekarang sering ditawarkan.

 

3. Belanja Pakai Cartu Credit atau Cash

Hati-hati menggunakan kartu kredit di luar negeri. Karena kurs yang dijatuhkan pada saat tagihan keluar, kadang lebih mahal dibanding kurs penukaran. Pergunakan kartu kredit hanya untuk hal yang benar-benar penting. Jangan sampai selesai liburan, bukannya otak segar tapi malah mumet memikirkan tagihan.

 

Be smart and have fun, Fimelova!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading