Sukses

Lifestyle

Kata Perempuan: Borong Barang Sebelum Ramadan, Harus?

Fimela.com, Jakarta Ramadan menjadi bulan suci yang sangat ditunggu-tungu oleh umat muslim di dunia. Bagaimana tidak, Ramadan selalu membawa suasana hangat yang berbeda dan menjadi momen berharga untuk lebih mendekatkan diri pada Sang Pencipta.

Bicara soal bulan Ramadan, saking antusiasnya kebanyakan orang pun melakukan berbagai persiapan sebelumnya. Mulai dari mempersiapkan fisik, mental, jadwal pertemuan dengan kawan- kawan lama di acara buka bersama, sampai belanja berbagai kebutuhan sehari-hari di bulan Ramadan.

Nah, bicara soal belanja sebelum Ramadan, meski tak semua, namun sebagian besar orang melakukan hal ini dengan berbagai alasan. Ada yang takut kehabisan stok barang di toko, malas antre saat belanja di bulan Ramadan, dan sebagainya.

"Perlu, karena males aja gitu lagi puasa antre buat beli barang-barang kebutuhan selama Ramadan," ujar Luthfiatul Habibah, karyawan Swasta. Lebih lanjut ia menjelaskan jika hal tersebut bisa membuatnya nyaman dan sebagai langkah antisipasi menghindari kenaikan harga barang juga menghadapi kelangkaan barang, terutama pasca lebaran.

Terkait hal tersebut, Bintang.com pun mengumpulkan pendapat perempuan lainnya dari berbagai latar belakang, usia, dan profesi. Di mana tak sedikit yang menyebut jika belanja atau ngeborong brang-barang kebutuhan sehari-hari untuk keperluan di bulan Ramadan tak harus dilakukan secara berlebihan.

Tak Perlu Belanja Berlebihan untuk Sambut Ramadan

Di tengah banyaknya orang yang berbondong-bondong belanja untuk ememnuhi kebutuhan sehari-hari di bulan Ramadan, tak sedikit perempuan yang memilih untuk tak berlebihan belaja kebutuhan sehari-hari untuk menyambut Ramadan.

"Kebutuhan sehari-hari itu memang diperlukan, tapi nggak harus borong ya. Belanja secukupnya saja. Kalau terlalu banyak membeli barang nanti jadi pemborosan. Lebih baik kita menghemat uang belanja," ujar Nuning, Ibu Rumah Tangga.

Alasan tak memborong barang kebutuhan sehari-hari untuk keperluan di bulan Ramadan pun beragam. Selain menghemat pengeluaran, tak memborong barang juga dianggap sebagai tindakan bijak dalam berbelanja. "Belinya disesuaikan saja dengan kebutuhannya dari pada mubazir," ucap Dennise Bilqisa Farchanina, Ibu Rumah Tangga.

Hal yang Lebih Penting untuk Sambut Ramadan

Lebih lanjut, mereka menyebut jika hal paling utama yang harus disiapkan untuk menyambut Ramadan adalah kesiapan diri dan niat yang kuat untuk menjalani ibadah di bulan suci ini.

Jadi untuk menyambut bulan suci Ramadan yang tinggal hitungan jari ini, apa yang sudah kamu siapkan?

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading