Siap-siap Ramadan, Ini yang Harus Kamu Siapkan Sebelum Diet Sambil Puasa

Karla Farhana08 Mei 2018, 13:16 WIB
Salah Diet Picu Menopause Dini? (Lithian/Shutterstock)

Bintang.com, Jakarta Bulan Ramadan akan segera tiba. Umat Muslim tentunya diwajibkan untuk berpuasa. Tapi, belajar dari tahun-tahun lalu, puasa ternyata sering banget bikin kamu jadi tambah lebar. 

Selain berat badan bertambah, penyakit pun juga bertambah. Soalnya, bukan cuma banyak makan saat sahur dan buka puasa, tapi makanan yang dikonsumsi juga makanan nggak sehat. 

Meskipun begitu, melakukan diet selama bulan puasa itu bukannya mustahil lho. Kamu cuma perlu beberapa strategi yang diatur sejak beberapa hari sebelum Ramadan. 

Diet selama bulan puasa mungkin sangat berat dalam benakmu. Tapi, diet saat puasa nggak terlalu sulit kalau kamu memilih menu makan dan cara memasak yang benar. 

Namun, sebelum membahas soal menu dan kunci diet selama Ramadan, kamu harus tahu beberapa tips dalam persiapan diet selama puasa. 

1. Bikin Planning Olahraga

Olahraga lari
Ilustrasi lari (iStockphoto)

Biasanya, bulan Ramadan kamu akan mengurangi aktivitas fisik yang akan menguras tenaga. Sebagian besar orang bahkan meluangkan waktu untuk tidur di siang hari. 

Tapi, jangan jadikan puasa sebagai hambatan buat kamu berolahraga. Nah, biar nggak lupa nantinya, kamu harus bikin jadwal dan planning olahraga selama Ramadan, ya! Misalnya, setiap habis sahur jogging, atau juga berenang, atau olahraga lainnya seperti yoga atau juga pilates. 

2. Tentukan Daftar Belanja

Menu Makan Sehat Tak Selalu Mahal (Malinkaphoto/Shutterstock)
Menu Makan Sehat Tak Selalu Mahal (Malinkaphoto/Shutterstock)

Selama Ramadan, kamu dan ibu pasti akan belanja untuk menu buka puasa dan sahur. Nah, biar nggak belanja banyak makanan nggak sehat seperti gorengan dan juga nasi uduk, kolak, dan sebagainya, kamu lebih baik membuat daftar bahan makanan atau menu makanan yang boleh kamu beli selama Ramadan. 

Misalnya, sayuran, buah, ikan segar, dan lain sebagainya. Untuk makanan sehat yang sudah jadi, antara lain salad sayur, sup ayam, dan yogurt. 

3. Jangan Mulai Hidup Sehat Saat Puasa

Benarkah Menu Makanan Sehat Selalu Mahal? (Africa Studio / shutterstock)
Benarkah Menu Makanan Sehat Selalu Mahal? (Africa Studio / shutterstock)

Kamu sekarang sudah punya banyak rencana buat Ramadan nanti. Mulai dari daftar belanjaan, bahan makanan yang bisa dibeli, dan juga menu makanan untuk sahur dan buka puasa. Termasuk jadwal olahraga. 

Tapi, jangan tunggu Ramadan tiba. Kamu sudah boeh memulai hidup sehat sekarang juga. Sehingga, kamu akan lebih nyaman dan terbiasa saat menjalani pola hidup sehat saat Ramadan tiba nanti. 

Lanjutkan Membaca ↓