Vokalis Era 90an Dolores O’Riordan dari The Cranberries Wafat di Usia 46 Tahun

Stanley Dirgapradja16 Jan 2018, 18:55 WIB

Jakarta Seorang teman bercerita bahwa ia baru saja membahas lirik lagu ‘Linger’ The Cranberries akhir pekan lalu. Ia dan temannya takjub betapa dulu, lagu-lagu memiliki lirik lagu yang bermakna, dan mengena dengan hidup kita. Fast forward beberapa hari kemudian, vokalis The Cranberries, Dolores O’Riordan ditemukan meninggal di hotelnya, di London, pada usia 46 tahun. Ia sebenarnya sedang dalam proses rekaman.

Era 90an memang begitu menakjubkan. Musik-musik menakjubkan lahir di era itu. Musik tanpa suara manipulasi komputer masih mendominasi. Genre alternatif berkembang pesat. Semua orang rasanya punya band alternatif favorit mereka. Dan The Cranberries pasti akan masuk daftar banyak orang. Apalagi yang menyukai tipe suara Dolores yang memang begitu unik. Khas. Sedikit banyak punya spirit Irlandia. Punya aksen rock. Dan sudah menginspirasi banyak vokalis, musisi perempuan di luar sana, untuk memulai karier di dunia musik dengan pendekatan vokal yang kurang lebih sama.

The Cranberries sempat bubar di tahun 2003 tapi berkumpul lagi beberapa tahun kemudian, dan terus bersama menciptakan album, tour ke berbagai belahan dunia – termasuk ke Jakarta di tahun 2011, hingga kematian Dolores. Yang begitu disayangkan. Karena penyanyi kebanggaan Irlandia ini baru kembali ke kondisi kesehatan terbaiknya.

Sebelum ditemukan meninggal, ia menderita sakit punggung, depresi, dan bipolar yang membuatnya terlibat beberapa insiden dan harus berhenti bermusik sementara waktu. Pihak keluarga menyampaikan, depresi yang dialami sebagian karena perceraian yang harus ia hadapi (ia punya 3 anak dari pernikahan ini). Ironisnya, tiga pekan lalu, lewat akun Facebook resmi The Cranberries, Dolores sempat memberi kabar kepada para fans dengan semangat positif. Bahwa ia sudah sehat, siap membuat musik baru untuk penggemar-penggemarnya di seluruh dunia.

Orang mungkin hanya teringat dengan ‘Linger,’ ‘Zombie,’ saat membahas Dolores dan The Cranberries. Padahal musik-musik mereka begitu banyak. Dan semua menghadirkan kenangan yang dalam. Kenangan tentang era 90an yang tak rumit, tentang masa muda yang careless, rebelious, nostalgic.