Penasaran Siapa yang Akan Menangkan Oscars 2018, Ini Prediksi FIMELA

Stanley Dirgapradja26 Jan 2018, 15:45 WIB

Jakarta Awal tahun menjadi waktu favorit bagi mereka yang menyukai acara-acara penghargaan. Sederet acara penghargaan siap dinikmati, mulai Golden Globes, Grammy, sampai puncaknya, Oscars. Kita sudah melewati Golden Globes, awal pekan depan menyambut Grammy, dan awal 4 Maret kita disuguhi Oscars.

Oscars tahun ini spesial. Banyak sejarah dibuat. Misalnya, Greta Gerwig yang mendapat nominasi sutradara terbaik dan menjadi perempuan kelima dalam sejarah Oscar yang mendapatkan penghormatan ini. Selain merayakan 90 tahun usia penghargaan bergengsi ini, nominasi-nominasinya juga perlu diingat. Apalagi, nominasi-nominasi ini diumumkan setelah Hollywood diporak-porandakan isu pelecehan seksual, rasialisme, sampai ketidakseimbangan upah.

Sudah lihat nominasi-nominasinya diumumkan di awal pekan ini pasti. Di bawah ini, prediksi pemenang versi FIMELA dengan pertimbangan-pertimbangannya. Kalau beberapa prediksi di sini tepat, tentu menyenangkan. Scroll down, please.

Best Picture

“Call Me by Your Name”

“Darkest Hour”

“Dunkirk”

“Get Out”

“Lady Bird”

“Phantom Thread”

“The Post”

“The Shape of Water”

“Three Billboards Outside Ebbing, Missouri”

 

Prediksi FIMELA: Antara “The Shape of Water” dan “Three Billboards Outside Ebbing, Missouri.” Kedua film ini menang di banyak penghargaan sebelum Oscars. Tapi bila harus memilih, maka pemenangnya adalah “The Shape of Water.” Tema yang aneh, dan pemeran-pemeran mengagumkan diarahkan oleh Guillermo del Toro, resep Oscar.

Lead Actor

Timothée Chalamet, “Call Me by Your Name”

Daniel Day-Lewis, “Phantom Thread”

Daniel Kaluuya, “Get Out”

Gary Oldman, “Darkest Hour”

Denzel Washington, “Roman J. Israel, Esq.”

 

Prediksi FIMELA: Gary Oldman. This is his year. Penampilannya mengagumkan (tak pernah tidak, anyway), dan dengan semua transformasi yang ia jalani untuk peran Winston Churcill, lalu kemenangannya di Golden Globes dan Critics Choice, maka sudah pasti Oscar aktor terbaik miliknya tahun ini.

Lead Actress

Sally Hawkins, “The Shape of Water”

Frances McDormand, “Three Billboards Outside Ebbing, Missouri”

Margot Robbie, “I, Tonya”

Saoirse Ronan, “Lady Bird”

Meryl Streep, “The Post”

Prediksi FIMELA: Antara Sally Hawkins atau Frances McDormand. Tapi melihat kemenangan McDormand di Critics Choice dan Golden Globes, hampir pasti Oscar juga jatuh ke tangannya. McDormand sebelumnya sudah pernah menangkan Oscar di kategori Lead Actress untuk “Fargo” di tahun 1997.

Supporting Actor

Willem Dafoe, “The Florida Project”

Woody Harrelson, “Three Billboards Outside Ebbing, Missouri”

Richard Jenkins, “The Shape of Water”

Christopher Plummer, “All the Money in the World”

Sam Rockwell, “Three Billboards Outside Ebbing, Missouri”

Prediksi FIMELA: Dari dua penghargaan film sebelumnya, Sam Rockwell mendominasi. Tapi, bisa saja Oscars berkata lain. FIMELA ikut menjagokan Christopher Plummer yang harus menggantikan Kevin Spacey setelah ia ‘dibuang’ dari “All the Money in the World” karena pelecehan seksual. Skandal itu membuat film ini di-shoot ulang dalam waktu 9 hari.

Supporting Actress

Mary J. Blige, “Mudbound”

Allison Janney, “I, Tonya”

Lesley Manville, “Phantom Thread”

Laurie Metcalf, “Lady Bird”

Octavia Spencer, “The Shape of Water”

Prediksi FIMELA: Melihat trailer-nya saja, penampilan Allison Janney terlihat sangat meyakinkan. Dia adalah salah satu aktris yang sangat sering wara wiri di banyak film tapi baru kali ini mendapat satu peran yang benar-benar beda.

Best Director

“Dunkirk” Christopher Nolan

“Get Out,” Jordan Peele

“Lady Bird,” Greta Gerwig

“Phantom Thread,” Paul Thomas Anderson

“The Shape of Water,” Guillermo del Toro

 

Prediksi FIMELA: Well, ini juga tahunnya Guillermo del Toro. Sutradara brilian ini sudah membuat banyak film aneh yang membuat kita berpikir keras. Dan “The Shape of Water” adalah film terbarunya yang juga sangat aneh. Tapi dia pun tak masalah membuat film-film yang cukup mainstream. Laga robot “Pacific Rim,” misalnya.

Lanjutkan Membaca ↓