Sukses

Lifestyle

8 Cara Efektif Turunkan Berat Badan di Usia 40an

Jakarta Berat badan menjadi permasalahan pelik bagi banyak orang seiring usia. Menurut WebMD, metabolisme seseorang akan melambat sekitar 5 persen untuk setiap dekade umur seseorang setelah usia 40 tahun. Artinya, rata-rata, wanita harus mengurai 100 kalori dari makanan mereka setiap hari agar selalu memiliki kondisi berat badan yang sama.

Dilansir dari Bright Side, Kamis (15/3/2018), ada delapan metode yang efektif untuk menurunkan berat badan. Cara ini dapat membuat Anda tetap mampu menurunkan berat badan dengan mudah meski sudah berusia di atas usia 40 tahun.

1. Lakukan olahraga yang tepat

Metabolisme yang melambat membuat tubuh memerlukan tidak hanya kardio harian selama 30 menit. Namun juga membutuhkan empat hingga lima sesi latihan ketahanan dalam seminggu, seperti clams, step up, sit up, dan push up untuk menjaga massa otot dan membakar lebih banyak kalori. Berjalan setidaknya 10 ribu langkah per hari menjadi cara yang bagus untuk membantu metabolisme tubuh tetap fit.

2. Tetapkan target yang realistis

Mematok harus kurus dalam seminggu akan membuat Anda stres. Lebih baik tetapkan target yang lebih realistis, seperti berkurang satu hingga dua kilo setiap minggu. Ini menjadi tujuan yang sehat untuk membantu Anda membangun gaya hidup yang sehat dan bugar dalam jangka panjang.

3. Minum vitamin

Sangat penting bagi wanita usia di atas 0 tahun untuk mendapatkan asupan vitamin B12, kalsium, kalium, Omega 3 dan probiotik dalam makanan. Anda bisa mendapatkan semua vitamin itu dengan mengenal komposisi dari makanan yang Anda konsumsi, seperti kacang, alpukat, yogurt, dan lain-lain.

4. Hidup teratur

Makan teratur namun sering harus menjadi prioritas. Melewatkan jam makan hanya akan mengganggu metabolisme tubuh karena membuat tubuh menjadi menyimpan lebih banyak lemak. Jangan lupa untuk sarapan dan jangan makan camilan pada malam hari.

2 dari 3 halaman
Cara efektif turunkan berat badan di atas usia 40 tahun
Ilustrasi gawai sebelum tidur (iStockphoto)
Ilustrasi gawai sebelum tidur (iStockphoto)
5. Jangan lupa istirahat

Beauty sleep tidak hanya bagus bagi kulit, tapi juga dapat membuat tubuh sehat dan ramping. Penelitian membuktikan bahwa kurangnya tidur mendorong otak untuk membuat keputusan yang buruk dan mudah lapar. Kelaparan dapat membuat Anda makan berlebihan. Jauhkan ponsel dan komputer sebelum Anda tidur.

6. Turunkan suhu

Udara dingin membantu Anda untuk membakar lemak, bahkan saat tidur. Karena tubuh harus bekerja lebih keras untuk tetap hangat. Para ilmuwan menyarankan agar suhu rumah tetap pada suhu 19 derajat.

7. Minum yang cukup

Jika Anda mudah kembung, jangan membuat kesalahan dengan mengurangi asupan air. Justru dengan minum banyak air akan membantu mengurangi kembung. Air juga membantu mendetoksifikasi tubuh. Minum segelas air putih sebelum makan akan mengurangi nafsu makan dan jumlah kalori yang dikonsumsi semakin sedikit. Minum air dingin akan membantu membakar kalori berlebih dalam tubuh.

8. Cek kesehatan secara rutin

Meski sudah melakukan beragam cara untuk menurunkan berat badan di usia 40 tahun, namun berat badan tidak kunjung turun. Itu berarti Anda perlu merawat hati dan tiroid. Anda harus konsultasikan hal ini dengan dokter tentang perubahan gaya hidup dan diet yang memungkinkan.

Reporter: Vinsensia Dianawati

Sumber: Liputan6.com

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading