Sukses

Lifestyle

Kata Perempuan: Sambut Ramadan, Lebaran Harus Beli Baju Baru?

Fimela.com, Jakarta Ada banyak cara untuk menyambut datangnya bulan Ramadan yang tinggal menghitung jari. Selain Ramadan, momen lebaran pun menjadi salah satu waktu yang di nanti dan disambut dengan suka cita, mengingat di hari yang suci tersebut, umat muslim kembali suci.

Bicara soal menyambut Ramadan dan lebaran, bulan dan momen yang begitu dinanti kedatangannya ini pun selalu menarik antusias masyarakat muslim, dan setiap orang pun memliki cara yang berbeda untuk menyambutnya.

Seperti momen lebaran misalnya, coba kamu ingat-ingat, apa sih yang banyak dilakukan masyarakat muslim Indonesia menjelang lebaran selain melakukan perjalanan mudik?

Ya! Beli baju baru. Seperti yang sudah-sudah, membeli baju baru menjelang lebaran adalah salah satu momen yang tak pernah dilewatkan kebanyakan orang. Tapi, sebenarnya harus nggak sih membeli baju untuk lebaran?

"Baju baru Alhamdulillah, tuk' dipakai di hari raya. Tak punya pun tak apa-apa, masih ada baju yang lama," begitulah bunyi lirik dari lagu anak berjudul Baju Baru yang dinyanyikan oleh Dea Ananda. 

Kalau melihat dari lirik lagu di atas sebenarnya tak harus beli baju baru ya. Terkait hal tersebut, kira-kira bagaimana ya pendapat para perempuan soal beli baju baru untuk lebaran? Haruskah? 

Alasan Lebaran Harus Beli Baju Baru

Meski tak harus memiliki baju baru, namun membeli pakaian sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari momen menyambut lebaran. Terkait hal tersebut, Bintang.com pun menayanyakn pendapat para perempuan dari berbagai latar belakang, yang menganggap membeli baju baru untuk adalah sebuah hal yang tak boleh dilewatkan.

"Lebaran itu kan momen penting. Diri kembali fitri, suci. Di hari raya yang suci ini nggak ada salahnya juga kan kita tampil dengan pakaian yang baru dan bersih, sebagai gambaran diri yang juga bersih," - Yani, Karyawan Swasta.

Selain itu, alasan tak bisa menahan diskon lebaran juga model-model pakaian yang baru jadi salah satu alasan kenapa banyak perempuan memilih untuk belanja di hari ebaran, meski harus berdesak-desakan.

Beli Baju Baru Nggak Mesti Lebaran

Meski banyak orang yang merayakan dengan membeli baju baru, namun ternyata tak semua perempuan melakukan kebiasaan tersebut. "Lebaran nggak harus beli baju, lagian beli baju kan bisa kapan saja. Walaupun nggak baru, kalau kondisi pakaian masih bagus dan sangat layak untuk dipakai di hari raya lebaran, kenapa harus beli baru?" - Lia, Karyawan Swasta.

Selain itu, banyak perempuan yang memilih tak membeli baju baru untuk lebaran untuk menghemat pengeluaran. "Kebutuhan lebaran nggak cuma soal pakaian baru. Harus bisa bagi-bagi rezeki ke orang lain juga. Belum lagi ingkos untuk mudik. Jadi nggak perlu akai baju baru saat lebaran, yang penting jiwanya kembali bersih," - Laila, Ibu Rumah Tangga.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading