Sukses

Peringatan Konten!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

LanjutkanStop di Sini

Lifestyle

Obrolan Intim: Kehidupan Berubah Usai Melahirkan

Fimela.com, Jakarta Usai melahirkan, pasti banyak hal yang bakal berubah. Mulai dari bentuh tubuh, pola aktivitas, hingga pola tidur dan makan. Kamu yang masih harus banyak istirahat usai melahirkan sang buah hati, harus tetap mengurus pekerjaan rumah tangga dan juga menjaga dedek bayi yang baru saja lahir ke dunia. 

Tapi, kamu yang belum pernah merasakan proses melahirkan mungkin belum tahu perubahan yang dialami ibu yang habis melahirkan. 

Banyak hal yang berubah. Selain rentetan perubahan di atas yang sudah tertulis, kehidupan seks dengan suami pun udah tak lagi sama. Prevention menulis, perubahan kehidupan seks ini dikarenakan tubuh seorang ibu yang baru saja melahirkan belum pulih seutuhnya. 

Juga, memang karena ada beberapa hal yang berubah pada organ intim. Perubahan ini pastinya ada banyak. Tapi, ada dua perubahan yang paling utama, tapi nggak semua cewek tahu. 

1. Struktur Vagina Berubah

Usai melahirkan (pastinya kalau kamu melahirkan dengan cara normal), struktur vaginamu tak lagi sama. Meskipun labia bagian luar dan dalam masih terlihat sama, nggak berubah, tapi bagian dalam vagina ada yang berubah. 

 

Menjadi Kendur

Pada area luar leher rahim, yang juga disebut dengan os, bentuknya berubah menjadi seperti smile usai kamu melahirkan. Selain itu, jaringan disekitar vagina juga tertatik dan melebar selama ibu melakukan persalinan. 

Meskipun posisinya bisa kembali lagi, namun bentuknya nggak bisa lagi sama seperti sebelum melahirkan. Artinya, otot vagina akan menjadi kendur. Latihan kegel bisa membantumu mengembalikan elastisitas otot vagina. 

2. Seks Kadang Menyakitkan

Seks, juga bisa nggak terlalu nyaman usai kamu melahirkan. Bahkan, sebagian perempuan mengalami rasa sakit pada saat menerima penetrasi. 

Jangan panik! Ini normal, kok. Soalnya, usai kamu melahirkan, dokter akan menjahit vagina. Nah, jahitannya ini biasanya belum begitu pulih. Jadi, sepertinya kamu harus bersabar hingga jahitan benar-benar pulih sebelum memutuskan untuk melakukan hubungan seks dengan suami. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading