Sukses

Lifestyle

Ada Suara John Legend di Fitur Baru Google Assistant

Fimela.com, Jakarta Google membuat sejumlah pengumuman terkait dengan Google Assistant-nya. Beberapa fitur baru yang bakal hadir di Google Assistant, antara lain fitur untuk mengajarkan sopan santun kepada anak-anak, kemampuan untuk berbincang-bincang, dan kemampuan untuk membuat panggilan atas nama penggunanya dan suara baru dari John Legend!

CEO Google Sundar Pichai sebagaimana dikutip Tekno Liputan6.com dari The Verge, Rabu (9/5/2018) mengatakan, dia ingin agar Google Assistant lebih alami dan nyaman saat diajak berbicang-bincang oleh pengguna.

Dengan demikian, kata Pichai, pengguna bisa bercakap-cakap dengan Google Asisstant tanpa harus kembali mengucapkan "Hey Google" untuk memulai tiap perintah. Jika pengguna ingin mengajukan pertanyaan, mereka hanya perlu menanyakan hingga percakapan selesai secara alami.

"Fitur ini disebut dengan percakapan lanjutan, akan segera hadir dalam beberapa minggu ke depan," kata Pichai.

Google Assistant nantinya bisa diperintah untuk membuat panggilan bagi penggunanya. Dengan begitu, pengguna bisa menggunakan Google Assistant untuk melakukan reservasi di salon atau dokter.

Dalam konferensi pengembang Google I/O, Google juga memutar video demo yang memperlihatkan bagaimana Assistant membuat panggilan, berbincang-bicang, dan membuat reservasi di salon.

Google Assistant juga menggunakan kalender untuk menentukan tanggal pemesanan. Bahkan, The Verge dalam laporannya menyebut, demo ini berlangsung dengan sangat mengesankan dan alami.

Sayangnya, fitur ini tidak akan dirilis dalam waktu dekat meskipun Pichai menyebut, Assistant akan mengautomatisasi membuat panggilan bisnis untuk memastikan jam buka sebuah tempat umum, saat hari libur.

Lewat teknologi Duplex, pengguna pun bisa melihat informasi seperti ini secara otomatis di Google Search tanpa perlu meminta Google Assistant membuat panggilan ke restoran atau dokter praktik. 

Ajarkan Sopan Santun ke Anak

Perusahaan menghadirkan fitur baru yang cukup menarik pada Google Assistant, yakni mengajarkan sopan santun kepada anak-anak.

Misalnya Google Assistant bisa mengajarkan anak-anak menggunakan kata "tolong" dan "terima kasih".

Google Assistant juga akan mengucapkan terima kasih kepada anak-anak yang telah mengucapkan "tolong" saat memberikan perintah kepada asisten cerdas tersebut.

Hal ini akan membuat anak-anak belajar untuk tidak menuntut beragam hal dari Google Assistant.

Punya Suara Milik John Legend

Google Assistant juga kedatangan suara baru. Tidak tanggung-tanggung, ada enam suara baru untuk Google Assistant. Salah satunya adalah suara lelaki yang tak lain adalah penyanyi John Legend.

Minggu lalu, Google mengatakan, Assistant sudah bisa digunakan di lebih dari 5.000 perangkat, di mana 1.500 di antaranya terhubung pada Januari 2018.

Hari ini, Google Assistant akan mendukung lebih dari 30 bahasa dan tersedia di 80 negara pada akhir tahun 2018.

Google tampaknya benar-benar fokus pada pengembangan Google Assistant. Perusahaan tampaknya juga bersaing ketat dengan asisten pintar Amazon, Alexa.

 

Penulis: Agustin Setyo Wardani

Sumber: Liputan6.com

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading