Sukses

Lifestyle

Editor Says: Hal-hal yang Bikin Rindu Bulan Puasa Zaman Masih Kecil, Generasi 90-an Pasti Setuju!

Fimela.com, Jakarta Kurang dari 24 jam, seluruh umat Muslim di dunia akan memasuki bulan Ramadan. Bulan di mana umat Muslim akan menjalankan ibadah puasa. Mungkin kamu sendiri nggak asing lagi dengan ibadah puasa. Dengan beribadah puasa, setiap orang yang menjalankan diwajibkan untuk menahan haus, lapar, dan nafsu yang membangkitkan emosi dari terbit fajar hingga tenggelam.

Berbeda dari bulan-bulan biasanya, di bulan Ramadan ini banyak banget kegiatan yang menghiasi atau menjadi rangkaian bulan puasa. Sebut saja salat tarawih, ngabuburit, sahur, tadarus, bikin kue Lebaran, dan masih banyak lainnya hihihi. Namun, seiring berjalannya waktu, sadar atau nggak, banyak pula perubahan yang kita alami. Terutama, bulan puasa saat kita (iya, kita, generasi 90-an) masih kecil dan sudah beranjak dewasa (dewasa atau tua?).

Sedikit throwback alias flashback ke era Generasi 90-an. Banyak banget hal yang mungkin pernah kita lalui dari tahun ke tahun di setiap bulan puasa hingga akhirnya kita semua beranjak dewasa dan mulai melepaskan satu persatu dan berganti dengan hal yang baru.

Sebut saja puasa setengah hari. Meski puasa setengah hari nggak termasuk dalam ajaran agama Islam, tapi untuk melatih anak-anak yang mulai berpuasa, puasa setengah hari bisa dilakukan. Termasuk orangtua saya ketika mengajarkan saya berpuasa. Apakah orangtuamu juga?

Meski harus bangun di waktu sepertiga malam untuk makan sahur dengan rasa kantuk yang sangat menggelayut di pelupuk mata, tapi rasa excited untuk puasa nggak pernah pudar. Sebab, kalau nggak puasa, gengsi dong sama teman-teman dan buku harian Ramadan. Ditambah lagi waktu puasa nggak boleh bohong hihihi.

Lantas, kegiatan apalagi, sih, yang kerap menghiasi bulan Ramadan generasi 90-an dan bikin rindu ingin mengulangnya lagi? Nih, simak beberapa ulasannya berikut. Kamu pasti setuju! :P

Rebutan Minta Tanda Tangan Imam atau Penceramah

Entah dimulai dari era kapan, tapi yang pasti, generasi 90-an pasti kebagian buku legend yang satu ini. Agenda Ramadan, begitu mungkin sebagian dari kita menyebutnya. Terdiri dari kertas-kertas berkolom dan bergaris, buku ini mewajibkan setiap murid yang beragama Islam untuk mengisinya sesuai dengan fakta yang terjadi di lapangan.

Kalau puasa, berarti kolom di bab Puasa dicontreng. Begitu pun salat, baik salat wajib lima waktu maupun salat Tarawih. Nggak lupa untuk menyertakan tanda tangan orangtua dan imam salat. Jadinya nggak bisa bohong, deh! Hihihi.

Pesantren Kilat

Selain mengisi Agenda Ramadan, saat bulan Ramadan tiba biasanya akan ada kegiatan yang namanya pesantren kilat. Sesuai dengan namanya, kegiatan ini mengumpulkan peserta pesantren yang terdiri dari anak-anak usia sekolah untuk belajar agama lebih dalam, tapi dengan waktu yang sesingkat mungkin. Bisa dibilang hanya dalam hitungan minggu.

Kegiatan ini biasanya dimulai sejak pagi hingga waktu berbuka puasa tiba. Dilanjutkan untuk salat Magrib, Isya, dan salat Tarawih berjamaah. Kamu pernah, nggak, sih ikut kegiatan ini?

Dari sekian banyak kegiatan bulan Ramadan di era 90-an, kegiatan mana, sih, yang paling kamu rindukan menjelang bulan puasa kayak begini? Share, dong, di kolom komentar!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading