Sukses

Lifestyle

3 Tips Diet Selama Berpuasa di Bulan Ramadan

Fimela.com, Jakarta Meski banyak orang tahu kalau puasa menyehatkan, namun masih banyak orang yang justru bertambah berat badannya di bulan Ramadan. Padahal, puasa sebenarnya membantu proses diet sehat lebih lancar di bandingkan bulan-bulan biasa. 

Karena, puasa memiliki 2 keuntungan buat kamu. Pertama, tulis the Productive Muslim, dengan berpuasa kamu bisa lebih mudah mengatur porsi makan. Ya, kamu cuma makan 2 kali sehari selama puasa Ramadan. Sementara kamu bisa makan 3 kali di tambah camilan di hari biasa. 

Tapi, kenapa masih banyak orang gagal menurunkan berat badannya di Bulan Suci ini? Ternyata, selain karena nggak pernah olahraga, ada 3 hal yang juga mereka lupakan. Berikut ini 3 tips buat kamu yang ingin menguruskan badan saat berpuasa. 

1. Atur makanan

Kamu cuma bisa makan dua kali, saat sahur dan berbuka puasa. Tapi jangan senang dulu karena jumlah jam makan dalam sehari bukan berarti kamu makan lebih sedikit dari biasanya. 

Karena sedang berpuasa, kamu sebenarnya nggak harus mengurangi porsi makan. Tapi menggantii menu. Ya, biasanya, orang yang berpuasa mengonsumsi makanan berkalori tinggi, karena mereka takut lemas di siang hari. 

Padahal, kamu tetap bakal kuat puasa meski makan lebih banyak sayur, buah, dan protein, lho! Kurangi nasi putih, dan mungkin bisa kamu ganti dengan nasi merah. Jangan makan gorengan dan lebih baik pilih buah serta sayuran sebagai camilan. Protein bukan cuma berasal dari daging merah, tapi juga ikan, ayam, dan kacang-kacangan. Nah, masak makanan yang sehat dan kurangi penggunaan santan serta lemak yang banyak saat memasak untuk sahur dan buka puasa

Tetap Olahraga

Jangan anggap puasa bikin kamu tambah lemas. Justru, puasa harusnya menambah energi, dong! Meskipun Ramadan, kamu nggak boleh meninggalkan olahraga. 

Terus, kapan olahraga yang tepat? Kamu mungkin nggak mau olahraga sebelum matahari terbit, kan? Karena itu satu-satunya jalan ya olahraga setelah kamu buka puasa. 

Berikan jeda 30 menit - 1 jam usai berbuka puasa untuk memulai olahraga. Fokuslah pada olahraga kardio yang bisa membakar lemak lebih efektif di bandingkan bulan-bulan selain Ramadan. 

Boleh Ngemil

Meskipun kamu sedang melakukan diet, jangan siksa dirimu untuk nggak ngemil sama sekali. Kamu tetap boleh menikmati camilan, tapi yang sehat! 

Buah dan juga sayuran, atau kacang-kacangan seperti kacang merah dan juga mete, bisa kamu pilih sebagai snack yang bisa kamu nikmati setelah olahraga. Tapi, ingatlah untuk memberikan jeda minimal 2 jam sebelum kamu pergi tidur. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading