Sukses

Lifestyle

Yanny atau Laurel Lagi Heboh, Sebenarnya Apa Sih Itu?

Fimela.com, Jakarta “Yanny” dan “Laurel” dua nama tersebut tengah menjadi perbincangan masyarakat dunia maya. Sebenarnya nama siapakah itu? Hmmm, mungkin memang ada orang yang bernama Yanny atau Laurel, tapi yang membuat heboh bukanlah pemilik nama tersebut melainkan sebuah file audio yang bagi sebagian orang mungkin cukup membingungkan.

Di sosial media Twitter perdebatan pun dimulai karena sebuah file audio yang durasinya sangat singkat itu muncul. Dari audio tersebut terdengar suara seseorang yang mengucapkan sebuah kata. Dan kata itulah yang kini jadi perdebatan. Ada yang mendengar kata “Yanny” namun ada pula yang mendengar kata “Laurel”.

Bahkan seorang selebriti dunia seperti Ellen DeGeneres pun juga mencoba untuk mendengar audio itu lalu memberitahu kata apa yang dia dengar. Dan ternyata Ellen mengaku bahwa dari audio tersebut Ellen mendengar kata “Laurel”. Kalau kamu mendengar kata apa? Cobalah untuk mendengarkan audionya di bawah ini.

Namun berbeda dengan Ellen, ada banyak orang yang juga mendengar kata “Yanny”. Sehingga masyarakat dunia maya pun kini terbagi menjadi dua, ada yang mendukung “Laurel” dan ada juga yang berpendapat kalau suara dalam audio tersebut tengah menyebutkan kata “Yanny”. Jangan bingung, karena semua ada penjelasannya.

Sebelum heboh audio “Yanny” dan “Laurel”, masyarakat dunia maya juga dibuat bingung dengan kuis tebak-tebakan sebuah dress. Sebagian masyarakat dunia maya melihat dress yang ditampilkan berwarna biru dan hitam, tapi ada juga yang melihat kalau warna dress tersebut adalah putih dan emas.

Penjelasan Soal Kata Yanny dan Laurel

Dilansir dari CNN, Kamis (17/5/2018), seorang professor ahli berbicara, bahasa, dan pendengaran, Brad Story menjelaskan bahwa cara orang mendengar termasuk dengan alat yang digunakan dapat mempengaruhi perbedaan pendapat ini. “Ketika saya mendengarkan rekaman Laurel, resonansi huruf L sangat tinggi. Sementara itu saat huruf R resonansi turun, dan akan naik lagi pada huruf L,” jelas Brad Story.

Sementara itu CEO Production Company Radian Producoes menjelaskan bahwa rekaman tersebut adalah contoh efek McGurk. “Jadi itu adalah rekaman dengan kualitas buruk. Otak dipengaruhi dengan apa yang kamu baca pertama kali, sebelum benar-benar mendengarnya. Apa yang membuat orang bingung itu bukan Yanny atau Laurel karena itu lebih dari sekadar soal Yarel,” jelasnya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading