Jadwal Sholat, Imsakiyah dan Buka Puasa Hari ke-3, 18 Mei 2018

Gadis Abdul18 Mei 2018, 08:55 WIB
[Bintang] Jadwal Sholat, Imsakiyah dan Buka Puasa Hari ke-3, 18 Mei 2018

Bintang.com, Jakarta Puasa di bulan Ramadan sudah memasuki hari ke-3. Banyak hal yang perlu dilatih selain menahan nafsu lapar. Ya, bagi perempuan yang doyan diet, menahan rasa lapar bukanlah hal yang susah lagi. Tapi, bulan puasa tentunya nggak cuma soal nggak makan dan nggak minum. Sebelum membahas soal jadwal sholat, imsakiyah, dan buka puasa, nggak ada salahnya untuk membahas soal apa saja yang harus “ditahan” ketika berpuasa.

Allah SWT berfirman: "Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa". (Al-Baqarah: 183). Ayat tersebut menjelaskan bahwa tujuan dari berpuasa adalah untuk meraih takwa, bukan demi bentuk tubuh yang ideal atau hal-hal yang tidak diajarkan dalam Islam.

[Bintang] Jadwal Sholat, Imsakiyah dan Buka Puasa Hari ke-2, 18 Mei 2018
Biar nggak telat, ini jadwal sholat, imsakiyah dan buka puasa hari ke-2, 18 Mei 2018. (Ilustrasi: (AFP Photo/Gulshan Khan)

Jadi yang perlu diingat adalah puasa tidak cukup hanya menahan diri untuk tidak makan dan tidak minum, tetapi juga dapat menjaga sikap dan perilaku yang baik. Selain itu puasa Ramadan juga bisa menjadi waktu yang tepat untuk introspeksi diri, menahan amarah emosi atau pun tenggang rasa terhadap orang lain.

Jadi mana yang menurut kamu paling susah ditahan saat menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan? Hmmm, berangkat kerja subuh-suhub, jalanan macet dan para pengendara seenaknya juga sudah bikin mengeluarkan kata yang tidak-tidak. Ya, itulah hal yang harus kamu tahan, jangan gampang emosian, belajar sabar.

Supaya puasa Ramadan semakin sempurna, kamu juga nggak boleh lupa dengan sholat lima waktu. Untuk jadwal sholat, imsakiyah dan buka puasa kamu bisa lihat selengkapnya di bawah ini:

[Bintang] Jadwal Imsakiyah
Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadan 1439 Hijriah / 2018. (DI: Muhammad Iqbal Nurfajri)

Semoga jadwal sholat, imsakiyah, dan buka puasa di atas dapat membuat puasa kamu semakin lancar ya. Aminnnn…