Sukses

Lifestyle

Fakta Unik: 5 Mitos Ramadan yang Nggak Boleh Dipercaya

Fimela.com, Jakarta Bulan Ramadan menjadi sebuah momen yang begitu dinanti semua umat muslim di dunia, mengingat bulan suci ini memiliki banyak keistimewaan dan menjadi momen tepat untuk memperbaiki diri. Namun sayangnya, di tengah keriuhan Ramadan terdapat mitos-mitos yang tersebar dan tak semestinya dipercaya.

BACA JUGA: Pahami Syarat Sembelih Hewan Ketika Qurban

Nah agar ibadah puasamu berjalan dengan lancar dan tak terganggu dengan berbagai mitos seputar Ramadan, yuk simak informasi berikut ini.

1. Puasa Ramadan selalu dilakukan selama 30 hari.

Tak seperti bulan-bulan di kalender masehi, Ramadan yang merupakan bulan ke-9 di kalender Hijriyah ini tak memiliki jumlah tanggal yang sama setiap tahunnya, yaitu tergantung pada kemunculan bulan sabit pertama yang menandai awal bulan baru.

2. Tak diperbolehkaan menyikat gigi selama berpuasa.

Ada banyak orang yang menghindari menyikat giginya saat berpuasa. Padahal Rasulullah bersabda, “Seandainya tidak memberatkan umatku niscaya akan kuperintahkan mereka untuk bersiwak setiap kali berwudhu". (HR: Al Bukhari)

Ya, jika berdasarkan hadist di atas, menyikat gigi saat berpuasa bukanlah hal yang dilarang.

3. Semua umat muslim harus menjalankan puasa tanpa terkecuali.

Menjalani ibadah puasa Ramadan memang hal wajib yang harus dilakukan setiap muslim. Namun ibadah ini ada pengecualian, di mana puasa wajib dilakukan oleh muslim yang sudah dewasa, berakal, mampu menjalaninya secara fisik dan tidak dalam keadaan haid atau nifas.

4. Larangan di bulan Ramadan hanya makan dan minum di siang hari.

Menahan lapar dan haus bukanlah satu-satunya hal yang harus dilakukan selama menjalani ibadah puasa Ramadan. Di bulan suci ini, setiap muslim juga dianjurkan untuk memperbaiki diri dan fokus pada hal-hal yang dapat membuat diri menjadi lebih baik, termasuk hubungan dengan Allah SWT dan sesama manusia.

5. Makan dan minum secara tak sengaja membuat puasa batal.

Hal ini tidak benar ya, karena jika kamu menyantap makanan dan minuman dalam keadaan lupa atau tak sengaja tak akan membatalkan puasamu. Saat ini terjadi padamu, segera berhenti makan atau minum dan lanjutkan kembali puasamu.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading