Sukses

Lifestyle

Ramadan 2018, Ibu Hamil Harus Hindari 3 Makanan Ini Saat Sahur dan Buka Puasa

Fimela.com, Jakarta Ramadan 2018 adalah waktu yang paling ditunggu-tunggu umat Muslim untuk menjalankan ibadah puasa. Hal ini berlaku untuk Muslim atau Muslimah yang ingin mematuri perintah Tuhan. Tidak menutup kemungkinan bagi ibu hamil. 

Walau banyak mitos yang memberikan penjelasan kalau ibu hamil tidak boleh menjalankan ibadah puasa, tapi sebenarnya hal ini tidak sepenuhnya benar. Selama ibu dan kandungannya kuat, maka aktivitas berpuasa boleh saja dilakukan. 

Supaya semua berjalan lancar, ada beberapa syarat yang harus dilakukan ibu hamil supaya tetap segar dan sehat ketika berpuasa. Salah satunya adalah menjaga pola makan dan menentukan nutrisi makanan apa saja yang baik untuk tubuh saat puasa. 

Yang paling diutamakan adalah penentuan makanan sahur dan berbuka puasa. Selama hampir 13 jam, ibu hamil bakalan kekurangan nutrisi dan kalori, jadi perlu esktra perhatian saat memilih porsi ataupun jenis makanan yang baik untuk kesehatan tubuh selama berpuasa. 

Biar Ramadan 2018 sukses dalam menjalankan ibadah puasa, buat ibu hamil coba hindari makanan ini ketika sahur dan buka puasa. Dijamin, tubuh Anda bakalan lebih fresh dan sanggup berpuasa sampai hari Kemenangan tiba. 

1. Hindari Makanan yang dimasak Setengah Matang

Tanpa puasa sekalipun, ibu hamil memang tidak dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang mentah. Seperti sushi ataupun jenis ikan-ikanan lain yang dimasaknya setengah matang. 

Makanan yang dimasak setengah matang masih menyisakan bakteri yang tidak baik untuk kesehatan si janin. Selain tidak baik untuk kesehatan kandungan, ibu hamil pun jadi cepat merasa tidak enak badan karena efek mengonsumsi makanan mentah yang terkadang baunya amis dan tidak sehat. 

2. Hindari Snack atau Minuman yang Terlalu Manis

Banyak orang yang suka mengonsumi langsung minuman atau makanan manis saat buka puasa. Justru, hal ini malah tidak dianjurkan untuk ibu hamil. Konsumsi makanan yang manis dapat meningkatkan kadar gula dengan cepat. 

Sehingga efek sampingnya ketika sahur ataupun berbuka puasa dengan makanan atau minuman manis seperti cepat pusing atau merasa lelah. Jadi, coba hindari dulu makan es krim ataupun es campur yang terlalu manis dan banyak sirup. Teh manis yang terlalu banyak gula juga lebih baik dihindari. 

Begitu juga dengan makanan yang terlalu pedas. Nantinya malah menggangu kesehatan janin serta pencernaan tubuh ibu hamil. 

3. Jangan Konsumsi Makanan yang Tingkat Kalorinya Berlebihan

Ibu hamil memang biasanya cenderung memilih makanan yang mengenyangkan ketika sahur dan berbuka puasa. Hal ini dilakukan supaya mereka tidak cepat lapar dan selalu merasa kenyang. 

Padahal hal inilah yang malah menyebabkan banyak efek samping yang merugikan buat ibu hamil. Salah satunya adalah membengkaknya badan bayi ketika proses melahirkan nanti. 

Bisa saja, yang tadinya bisa lahiran normal jadi terpaksa caesar karena tubuh bayi yang terlalu besar ataupun problem kelahiran lainnya. Usahakan untuk menjaga pola makan dan lebih banyak mengonsumsi sayur dan buah-buahan segar. Jangan konsumsi banyak goreng-gorengan ataupun pizza, fried chicken serta fast food lainnya. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading