Sukses

Lifestyle

5 Kuliner Khas Makassar Ini Pas Buat Menu Sahur dan Buka Puasa

Fimela.com, Jakarta Di bulan Ramadan atau puasa ini, banyak pilihan menu makanan yang bisa kita nikmati untuk sahur dan berbuka. Tiap daerah punya ciri khas kuliner tersendiri yang mencerminkan kekayaan alam Indonesia, termasuk di Makassar, Sulawesi Selatan.

Begitu banyak pilihan makanan yang bisa kamu temukan di Makassar, terutama di bulan puasa ini.Makassar merupakan destinasi wisata yang sangat cocok. Kota terbesar di luar Pulau Jawa ini bukan hanya menawarkan beragam tempat liburan, tapi juga punya banyak kuliner khas yang menggungah selera.

Bisa dibilang, Makassar adalah surga bagi pecinta kuliner. Seperti dilansir dari liputan6.com, ada lima kuliner legendaris Makassar yang cocok jadi menu untu sahur maupun berbuka puasa.

1. Coto Makassar

Banyak orang yang menyebut makanan khas Makassar adalah Coto Makassar. Tak sedikit juga orang yang menyamakan coto dengan soto. Padahal, keduanya sangat berbeda. Coto Makassar terbuat dari potongan daging sapi dengan beragam rempah-rempah pada kuahnya.

Saat dihidangkan, ada tambahan bawang goreng, daun bawang, serta perasan jeruk nipis yang akan membuatnya terasa sangat nikmat. Coto Makassar akan terasa lebih lezat disantap dengan ketupat.

Sop Konro

2. Sop Konro

Sop Konro adalah makanan khas Makassar berbahan iga sapi yang menyatu dengan kuah beragam rempah. Untuk menikmati seporsi Sop Konro, orang-orang biasanya memakai sedotan agar bisa menikmati isi bagian dalam tulang sapi. Makanan ini juga cocok disantap dengan ketupat maupun nasi putih.

3. Sop Saudara

Sop Saudara biasanya menggunakan nasi sebagai pendampingnya dan cocok sebagai menu sahur maupun berbuka puasa yang mengenyangkan. Kuliner yang satu ini menggunakan olahan daging sapi dengan berbagai rempah di kuahnya dengan tambahan bihun di dalamnya. 

Pallubasa

4. Sop Ubi

Berbeda dari kedua sop sebelumnya, Sop Ubi menggunakan bahan dasar ubi, paru, dan mi kuning sebagai olahan utama. Untuk porsi daging sapinya lebih sedikit dan kuah Sop Ubi juga kaya akan rempah.

5. Pallubasa

Makanan khas Makassar lainnya yang sangat sayang untuk dilewatkan adalah Pallubasa. Bahan utama hidangan yang satu ini juga masih menggunakan olahan daging sapi dengan kuah beragam rempah.

Tambahan telur setengah matang dengan kelapa goreng membuatnya berbeda dari yang lain. Pallubasa sendiri biasanya cocok disantap dengan nasi putih dan pas untuk menu sahur maupun berbuka puasa.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading