Sukses

Lifestyle

Begini Cara Mengatasi Lemas ketika Puasa

Fimela.com, Jakarta Berpuasa adalah salah satu ibadah yang diwajibkan bagi umat Muslim di seluruh dunia. Untuk di Indnesia sendiri rata-rata berpuasa atau tidak makan dan juga minum dilakukan kurang lebih selama 13 jam. Lemas sudah pasti. Namun ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mencegah lemas saat berpuasa.

Dilansir dari Klikdokter.com, Jumat (25/5/2018), dr. Dewi Ema Anindia menjelaskan,”Penyebab dari kelelahan saat berpuasa adalah kurangnya asupan makanan selama puasa, kurangnya cairan, hingga kurang tidur.” Sebuah studi yang dilakukan di Morocco tahun 2001 menunjukkan bahwa pada orang-orang yang puasa dapat muncul gangguan tidur berupa pemendekan dari fase tidur dalam di mana fase tersebut merupakan waktu yang dibutuhkan tubuh untuk memperbaharui tubuh keesokannya.

Lalu bagaimana caranya supaya saat puasa kamu tidak merasa lemas? dr. Dewi Ema Anindia menjelaskan kalau tidak ingin lemas saat puasa, maka cukupilah waktu tidur kamu. tapi ada hal yang perlu diingat. Terlalu banyak tidur dan terlalu sedikit tidur menimbulkan rasa lelah. “Tidurlah selama 7-8 jam dalam sehari. Disarankan agar kamu dapat langsung tidur setelah taraweh agar dapat segar bangun saat sahur,” jelas dr. Dewi.

Tidak hanya waktu tidur, kamu juga harus pintar memilih menu buka puasa. Berbukalah dengan yang manis, tapi jangan mengandung kafein juga. “Kafein berperan sebagai diuretic di mana saat mengonsumsi kopi dapat menyebabkan kamu kekurangan cairan dan bisa menimbulkan dehidrasi,” tegas dr. Dewi Ema Anindia.

Lebih bagus saat berpuasa kamu perbanyak minum air putih. Hindari mengonsumsi kopi atau minuman bersoda. Selain mengatur waktu tidur dan juga menghindari minuman yang mengandung kafein ada beberapa hal lagi yang dapat kamu lakukan supaya tidak lemas saat puasa, seperti dijelaskan oleh dr. Dewi Ema Anindia di Klikdokter.com. Scroll ke bawah untuk tahu lebih lanjut.

1. Atur Makanan Selama Berbuka Puasa ataupun Sahur

Makanan yang kamu konsumsi selama puasa harus terdapat sayuran, buah, kentang atau roti, daging/ikan/ayam, susu dan produk susu serta makanan yang mengandung lemak dan karbohidrat.

Pastikan sumber karbohidrat yang kamu pilih adalah jenis karbohidrat kompleks, bukan karbohidrat sederhana. Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, yakni jelai (barley, sejenis sereal), gandum, dan nasi basmati.

Ketiga menu diatas merupakan jenis makanan yang dapat mengeluarkan energi secara perlahan sehingga dapat mencegah rasa lemas ketika puasa. Makanan berserat seperti sayuran hijau dan hampir seluruh jenis buah juga lama untuk dicerna yang dapat menahan rasa lemas kamu selama berpuasa. Hindari makanan yang diproses seperti kue, biscuit, dan cokelat. Hindari juga konsumsi minuman seperti kopi dan minuman bersoda.

2. Tetaplah Bekerja

Selama kamu berpuasa nggak ada salahnya untuk tetap melakukan kesibukan. Lakukan kesibukan seperti bekerja atau menghabiskan waktu bersama keluarga untuk melupakan kelaparan dan lelah.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading