Sukses

Lifestyle

Lemang Flamboyan, Penganan Buka Puasa Khas Medan

Fimela.com, Jakarta Tiap daerah di Indonesia punya ciri khas kuliner tersendiri, termasuk di Medan, Sumatera Utara. Di bulan puasa ini kita bisa menjumpai berbagai pilihan makanan untuk sahur maupun berbuka puasa.

Begitu banyak pilihan makanan yang bisa kamu temukan di Medan. Salah satunya adalah Lemang Pulut yang hampir mirip dengan Lemang Tapai dari Sumatera Barat. Ada banyak penjual lemang pulut di Medan. Yang paling dikenal diantaranya adalah Lemang Flamboyan karena banyak dijual di jalan Flamboyan.

Kabarnya, tiap penjual lemang yang dimasak atau dibakar selama bulan puasa, dapat terjual sampai 200 batang setiap harinya. Harga lemang bervariasi, antara Rp20 ribu hingga Rp25 ribu untuk ukuran kecil.

Lemang bambu itu dijual di sekitar pinggiran Jalan Flamboyan Medan, di situ pula makanan itu dimasak yang dapat dilihat langsung oleh pembelinya. Calon pembeli dan masyarakat sekitar bisa melihat langsung penjual lemang memasukkan beras pulut yang dicampur santan ke dalam tabung bambu.

Mereka juga bisa tahu berapa lama proses memasaknya. Tak hanya di bulan puasa, di bulan-bulan lain kuliner khas Medan ini juga cukup banyak pembelinya. Bahkan banyak habis pulang dari lokasi objek wisata Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, menyempatkan diri mampir di Kota Tebing Tinggi untuk membeli lemang yang nikmat disantap saat masih hangat.

Antri Demi Lemang

Tebing Tinggi disebut-sebut sebagai kota lemang di Sumatera Utara. Banyak warga yang peminat lemang tersebut dan mereka rela antri untuk membeli lemang.

Selain di jalan Flamboyan, penjual lemang di kota Medan juga bisa ditemui di Jalan Gatot Subroto dan Jalan Bromo, Medan. Penjual lemang tersebut juga menyediakan tape pulut warna hitam yang rasanya manis dan harum.

Lemang pulut juga enak dimakan bersama durian. Tak heran kalau makanan khas ini biasanya sangat diminati warga daerah lainnya saat mereka berkunjung ke Kota Medan, termasuk di bulan puasa.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading