Sukses

Lifestyle

3 Kuliner Manis Ini Termasuk Takjil Sehat Untuk Berbuka Puasa

Fimela.com, Jakarta Di bulan Ramadan atau bulan puasa seperti ini memang ada sejumlah hal yang harus kita sesuaikan. Terutama di siang hari, saat energi kamu semakin berkurang karena tak ada asupan makanan maupun minuman yang masuk.

Namun semua itu terasa hilang dan bahkan membuat kita bersyukur tiap kali berbuka puasa. Biasanya berbuka puasa didahului dengan minum atau makan makanan yang manis dan ringan yang biasa disebut takjil.

Walaupun secara harfiah arti takjil adalah ‘menyegerakan’ dalam berbuka puasa, takjil di Indonesia lebih identik dengan makanan yang digunakan untuk membatalkan puasa. Lebih spesifik lagi, makanan manis yang dihidangkan sebagai pembuka sebelum memulai makanan utama. Yang identik dengan kuliner takjil adalah Kolak dann sup buah atau beragam es buah.

Menyantap yang manis memang boleh-boleh saja. Tapi kalau bisa sebaiknya kita menyantap takjil yang bermanfaat buat kesehatan kita. Seperti dilansir dari hallosehat, setidaknya ada tiga jenis takjil yang ternasuk menyehatkan.

1. Kolak

Penganan manis ini bisa dibilang paling laris dan diminati sebagai hidangan takjil saat berbuka puasa. Isinya bisa berbagai macam mulai dari ubi, pisang, biji salak, singkong, labu, dan lain-lain. Sebagai bahan baku utama kolak, umbi-umbian ternyata mengandung manfaat bagi kesehatan. Ubi misalnya, merupakan sumber vitamin A yang baik.

Bahan lain yang seperti gula merah dan santan ternyata juga berperan dalam membantu menjaga kesehatan kita asalkan tak dikonsumsi berlebihan. Gula merah misalnya, ternyata termasuk jenis pemanis alami yang bisa dijadikan pemanis alternatif bagi penderita diabetes. 

Bubur Kacang Hijau

2. Bubur Kacang Hijau

Makanan ringan ini kaya akan mineral. Jenis-jenis mineral di dalam bubur kacang hijau bahkan pernah digunakan sebagai bahan baku untuk pengobatan tradisional. Kacang hijau sangat efektif untuk menghambat oksidasi kolesterol jahat atau LDL.

Selain itu, antioksidan dalam kacang hijau juga berfungsi untuk mengurangi peradangan dalam tubuh.Kadar asam amino yang cukup tinggi pada kacang hijau menjadikannya sebagai salah satu jenis tumbuhan yang bisa menjadi alternatif sumber protein. 

Es Blewah

3. Es Blewah

Minuman segar memang termasuk menu wajib untuk berbuka puasa. Salah satunya adalah Es Blewah yang banyak diminati. Bukan hanya manis, kadar air blewah yang tinggi bisa membantu mengurangi dehidrasi setelah berpuasa.

Kandungan antioksidan dalam blewah juga berperan dalam menjaga kesehatan mata. Warna kuning dari blewah menandakan kalau buah ini mengandung beta karoten, yang dapat membantu mengurangi kemungkinan terkena asma, mencegah kanker prostat, dan kanker kolon.

Beta karoten juga berperan sebagai bahan dasar pembentukan vitamin A yang cukup dapat membantu merawat kesehatan kulit kamu. Namun ingat kalau membeli dan membuat es blewah, pastikan gula dan sirupnya tidak terlalu berlebihan apalagi di bulan puasa sepert ini.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading