Kata Perempuan: Yakin Sendirian Lebih Nyaman?

Lanny Kusumastuti28 Mei 2018, 19:30 WIB
[Bintang] Kata Perempuan

Bintang.com, Jakarta Menjalani hidup sendiri tanpa pasangan kerap kerap dinilai sebagai pilihan tak biasa bagi banyak orang. Meski begitu, sebagian perempuan memilih menjalani pilihan hidup ini baik untuk sementara maupun sampai akhir hayat mereka.

Bicara soal menjalani hidup sendiri, ada banyak alasan mengapa perempuan menjalani pilihan ini. Di luar alasan belum menemukan jodoh yang tepat, ada banyak latar belakang mengapa seseorang memilih hidup sendiri.

[Bintang] Kata Perempuan
Alasan perempuan memilih hidup sendiri bukan cuma soal belum menemukan jodoh. (Sumber Foto: Pexel)

Terkait hal tersebut, Bintang.com mencoba mengumpulkan pendapat para perepuan dengan latar belakang usia, pendidikan, dan profesi yang berbeda.Alasan pertaman mengapa seorang perempuan memilih untuk menikmati hidupnya sendiri adalah karena adanya trauma di masa lalu.

"Sampai hari ini sih masih pilih untuk sendiri, masih trauma dengan masa lalu. Penah disakitin itu salah satunya, selain itu rumah tangga orang tua juga nggak berjalan mulus," aku salah seorang narasumber Bintang.com yang tak ingin disebutkan namanya.

Lebih lanjut ia mengatakan, jika dua hal di atas telah membuat dirinya memilih untuk menjalani hidup saat ini, dan yakin bisa lebih bahagia jika hidup tanpa pendamping.

Alasan Perempuan Pilih Hidup Sendirian

Alasan lainnya yang embuat perempuan memilih untuk hidup sendirian adalah karena merasa tak bebas, dan merasa terlalu repot jika harus mengurusi kebutuhan pasangannya.

Selain itu, prioritas seseorang dalam menjalani hidup pun menjadi salah satu alasan perempuan memilih menjalani hidup sendiri. "Saat ini prioritasnya bukan pasangan, nggak tahu sampai kapan. Tapi saat ini nyaman sendiri, mengejar karier dan bahagiain diri sendiri sama orang tua dulu deh yang penting," - ujar narasumber Bintang.com lainnya.

[Bintang] Kata Perempuan
Dalam sebuah pemelitian disebut bahwa perempuan yang hidup sendiri akan lebih sukses. (Sumber Foto: Pexel)

Lebih lanjut iaa mengatakan jika pilihannya tersebut membuatnya lebih bahagia dan mudah menjalani hidup, karena kini kebahagiaan diri sendiri menjadi priorotasnya.

Terkait alasan di atas, mengutip laman Life Hack, dalam sebuah penelitian, seorang perempuan yang memilih untuk menjalani hidup sendiri disebut akan lebih sukses. Di mana ada 45% perempuan yang hidup mandiri bisa menyelesaikan pendidikan lebih tinggi jika dibandingkan dengan nagka laki-laki yang hanya 26%.

Bahkan, 30% perempuan yang memilih tinggal yang tinggal sendiri dapat memiliki karier porfesional yang cemerlang.

Tak Selamanya Nyaman

Meski ada banyak hal menyenangkan yang bisa didapatkan seorang perempuan saat menjalani hidup sendiri, namun nyatanya hidup sendiri dapat menimbulkan dampak buruk bagi kersehatan.

[Bintang] Kata Perempuan
Pilihan menjalani hidup sendiri juga punya risiko. (Sumber Foto: Pexel)

Dilansir dari laman Psychology Today, dalam sebuah studi yang dilakukaan oleh Matthew Wright dan Susan Brown dari Bowling Green University yang dipublikasikan secara online dalam jurnal berjudul Journal of Marriage and Family, disebutkan jika hidup sendiri bisa membuat seseorang lebih mudah stres, merasa kesepian dan depresi.

Hal-hal yang dikeluhkan dan terjadi pada perempuan yang mejalani hidup sendiri adalah seperti merasa kesulitan saat harus menghadapi maslah sendiri, hingga tak bisa mengendalikan hal-hal penting dalam hidupnya.

Lanjutkan Membaca ↓