Curhat Pembaca: Dia Putuskan Hubungan Tanpa Penjelasan

fitriandiani28 Mei 2018, 19:35 WIB
Curhat Pembaca

Bintang.com, Jakarta Dari: Lani Wijayani

Redaksi bintang, nama saya lani. Saya 19 tahun. Saat ini saya sedang merasakan kegalauan karena pacar saya memutuskan hubungan kita. Saya ga bisa terima. Belum bisa. Saya ga tau ada kesalahan apa dlm hubungan kita dia tiba2 putusin gitu aja.

Kita udah pacaran 5 bulan. Selama ini baik-baik saja, kita bertengkar juga biasa aja seperti pasangan pada umumnya. Ngga pernah benar2 ada masalah besar. Sampai putus ini saya ga tau apa yang terjadi.

Dia seperrti diam dua mingguan ini seakan jaga jarak. Di hub jarang respon. Chat jarang balas kalo ditelp baru angkat itu jg setelah nunggu lama. Pas ditanya abis dari mana jawabnya ga dari mana2 terus. Tp hilang. Dia memang cuek tp biasanya ngga sampai begini.

Saya udh feeling pasti ada apa-apa, akhirnya saya beraniin tanya dia kenapa, kenapa berubah, dan jawaban dia cuma dia udah ga bisa jalani hub ini lagi. Dia bilang baiknya kita pisah. Ngga ada penjelasan apa-apa lagi, saya jg ngga ada kesempatan ngomong, dan skrg kita bener2 hilang kontak sama sekali. Saya sedih banget. Gimana cara memperbaiki keadaan ini?

***

Dear Lani,

Hidup memang selalu penuh kejutan. Kadang kita tak tahu apa maksud di balik kejutan itu, tapi satu hal yang pasti; kita harus selalu siap menerimanya. 

Perjuangkan Secukupnya

Ilustrasi Relationship Female
Ilustrasi relationship. (Foto: unsplash.com/Tony Lam Hoang)

Kalau kamu memang merasa masih ingin mengejar penjelasan, kejar lah. Tapi jangan sampai kamu menjatuhkan harga dirimu di depan dia. Tetap posisikan diri sebagaimana kamu ini pasangannya, bukan fansnya.

Jika dia bisa menghargaimu dan hubungan yang pernah kalian jalani, dia pasti tak keberatan untuk mengakhirinya dengan cara yang lebih baik; beri kamu penjelasan yang kamu butuh. Sebab sekalipun hubungan kalian sudah tak bisa dipertahankan, kamu berhak untuk tahu alasannya.

Kamu juga harus siap kalau memang ternyata dia tidak bisa memberimu penjelasan, atau penjelasannya justru malah membuatmu semakin kecewa.

Belajar Menerima

Ilustrasi Relatioship Couple
Ilustrasi relationship. (Foto: unsplash.com/Asdrubal Luna)

Bersamaan dengan upayamu untuk mencari penjelasan dari si dia terkait penyebab dia memutuskan hubungan itu denganmu, belajarlah untuk mengikhlaskan. Ingat, tak semua hal dalam hidup ini terjadi sesuai apa yang kita mau.

Mungkin dia memang tak ditakdirkan untuk terus bersamamu, mungkin kebersamaan kalian memang cuma ditakdirkan sampai di sini, dan suka atau tidak suka, mau atau tidak mau, kamu harus menghadapinya.

Patah hati itu pasti. Cara menghadapinya adalah pilihan. Sekarang, kamu milih terus mengejar dia untuk meminta penjelasan yang mungkin tak mengubah masa depan secara signifikan, atau kamu pilih benahi hati yang berantakan karena dia tinggal, dan bersiap menyambut cinta yang baru lagi? Itu pilihanmu. Pikirkanlah dengan bijaksana. :)

 

 

***

Punya masalah percintaan yang bikin galau? Curhatin aja! Kirim curhatanmu ke redaksi@bintang.com. Jangan lupa tulis subject emailnya: CURHAT PEMBACA BINTANG, ya. Curhatanmu akan dijawab dan kamu bisa lihat jawabannya di www.bintang.com/relationship. Ditunggu!

Lanjutkan Membaca ↓