Sukses

Lifestyle

Jangan Ragu, Ini Keutamaan Sedekah yang Akan Kamu Dapatkan

Fimela.com, Jakarta Bulan Ramadan menjadi salah satu waktu terbaik untuk memperbaiki diri. Selain menjalankan berbagai ibadah Ramadan seperti puasa dan salat tarawih, bersedekah pun menjadi salah satu amalan yang dianjurkan di bulan yang suci ini.

Islam menganjurkan umatnya untuk selalu bersedekah. Hal ini lantaran Allah telah berjanji akan menghapus dosa umatnya yang gemar bersedekah. Sebagaimana

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

والصدقة تطفىء الخطيئة كما تطفىء الماء النار

“Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api.” (HR. Tirmidzi, di shahihkan Al Albani dalam Shahih At Tirmidzi, 614).

Jika dilakukan di hari biasa saja sudah mendapatkan pahala apalagi jika dilakukan di bulan suci Ramadan, tentu pahalanya akan berlipat-lipat.

Tak hanya itu, nyatanya jika bersedekah dilakukan untuk melengkapi ibadah wajib di bulan Ramadan seperti sholat dan puasa, jaminan balasannya adalah Surga. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW:

“Sesungguhnya di surga terdapat ruangan-ruangan yang bagian luarnya dapat dilihat dari dalam dan bagian dalamnya dapat dilihat dari luar. Allah menganugerahkannya kepada orang yang berkata baik, bersedekah makanan, berpuasa, dan shalat dikala kebanyakan manusia tidur.” (HR. At Tirmidzi no.1984, Ibnu Hibban di Al Majruhin 1/317, dihasankan Ibnu Hajar Al Asqalani di Hidayatur Ruwah, 2/47, dihasankan Al Albani di Shahih At Targhib, 946).

 

Penulis: Camelia

Sumber: Liputan6.com

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading