Pas Diminum di Bulan Puasa, Madu Ini Bisa Obati Berbagai Penyakit

Henry Hens29 Mei 2018, 01:30 WIB
Lebah Produksi Banyak Madu

Bintang.com, Jakarta Pola makan dan pola hidup kita yang melaksanakan ibadah puasa tentu jadi berubah selama bulan Ramadan. Untuk aktifitas siang hingga sore hari akan lebih terasa lelah karena tidak ada satu pun asupan makanan dan cairan yang masuk ke tubuh.

Salah satu dampak yang sering terjadi yaitu mengalami bibir kering atau pecah-pecah. Buat mengatasinya bisa dengan minum atau mengkosumsi madu.  Itu karena madu punya sifat antibakteri yang dapat melindungi bibir dari berbagai bakteri penyebab infeksi bibir.

Dengan mengoleskan madu di bibir, bisa pula mencegah infeksi menyebar dan memperparah bibir kering atau pecah-pecah. Selain itu masih ada sejumlah manfaat madu, bahkan ada yang bisa mengobati penyakit. 

Ingin Menurunkan Berat Badan? Minum Ramuan Alami Ini
Madu dan kayu manis. (Foto: stepin2mygreenworld.com)

Yang sedang populer sekarang ini adalah madu manuka.  Seperti dilansir dari liputan6.com dan purewow, madu manuka berasal dari lebah yang menyerbuki semak manuka.

Semak manuka ini banyak tumbuh di Selandia Baru dan Australia. Madu manuka punya rasa terbaik dan tekstur yang lebih tebal dari madu biasa, tapi banyak digunakan dengan cara yang sama.Madu manuka bisa sangat populer karena memiliki sifat anti bakteri dan anti inflamasi.

Penelitian juga menunjukkan kalau madu manuka dapat mengobati luka ringan dan luka bakar, serta membantu melawan infeksi, serta mempercepat penyembuhan. Beberapa ahli juga mengklaim kalau madu manuka dapat mengurangi kolestrol, mengobati diabetes, dan mencegah kanker.

Harga madu manuka memang tidak murah, tapi sudah banyak dijual di sejumlah toko maupun online. sekarang lebih mudah didapatkan. Tapi ingat, madu tetap mengandung gula, sehingga tidak dianjurkan untuk minum atau mengonsumsi secara berlebihan termasuk di bulan puasa.